PROSEDUR MELAKUKAN RETUR PEMBELIAN & RETUR PENJUALAN PADA TOKO HANDPHONE DAN ELEKTRONIK

12-02-2018 15:38:38, Dibaca: 85696


 

Dalam dunia usaha kita pasti mengenal retur pembelian dan retur penjualan, retur pembelian & penjualan akan terjadi jika barang telah selesai diperjualbelikan tetapi pembeli mengajukan komplain dengan alasan tertentu dan mengembalikan barang. Transaksi jual beli tidak selamanya akan berjalan lancar. Terkadang ada hambatan yang menyebabkan barang lama terkirim hingga akhirnya barang rusak dan hancur diperjalanan.

Umumnya ketika barang yang diperjualbelikan telah rusak dan sampai ke tangan pembeli, maka pembeli akan mengembalikan barang tersebut. Pengembalian barang oleh pembeli disebut retur pembelian dan penerimaan barang yang telah dijual oleh penjual disebut retur penjualan. Berikut ini prosedur melakukan retur pembelian & retur penjualan pada toko hp dan elektronik di sistem ERZAP.

Punya Usaha ? kesulitan untuk masalah Pembukuan, Stock Opname, atau Rekap Bulanan ? Tenang, anda tidak sendiri, 80.000 Pengusaha lainnya masih mengalami Hal ini dan itu wajar. Tetapi yang tidak wajar itu kalau tidak diatasi masalahnya. Bisa fatal ! Anda perlu Asisten yang teliti mencatat semua history dari kegiatan operasional anda

Dan Erzap hadir sebagai Asisten tersebut. Bagaimana cara Erzap menjadi asisten anda ? Simak Video dibawah

 

 


RETUR PEMBELIAN

Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Akseslah menu Pembelian > Retur Pembelian > Buat Baru

 

2. Kemudian pada halaman ini pilihlah "Dengan faktur" selanjutnya cari nama produk dengan cara ketik kolom "No faktur Pembelian" atau Anda juga bisa mencarinya di icon search disebelah kanan kolom


 

3. Berikut merupakan tampilan pencarian produk, anda bisa inputkan *No Faktur, *Nama Supplier, *Barcode ataupun *Nama Produk untuk mencari produk yang akan diretur.


 

4. Setelah itu ERZ4P akan menampilkan data produk seperti gambar dibawah ini.


 

5. Kemudian pada halaman ini anda inputkan *Alasan Pengembalian, *Jumlah Retur dan *SN produk.


 

6. Terakhir simpanlah hasil retur pembelian anda dengan mengklik ikon disket di sebelah kiri seperti gambar yang telah kami tandai


 

7. Untuk melihat dan edit data yang pernah di retur anda dapat mengaksesnya pada menu Pembelian  > Retur Pembelian > Manajemen Data.


RETUR PENJUALAN


Untuk melakukan Retur Penjualan prosedurnya adalah sebagai berikut :

1. Akseslah menu Penjualan > Retur Penjualan > Buat Baru

2. Kemudian akan muncul Retur Penjualan, klik simbol Data Faktur Penjualan seperti gambar di bawah ini.

3. Pada data Faktur Penjualan kita bisa mencari data/ barang yang akan kita retur dengan memasukkan No Faktur/Nama Pelanggan/Barcode/Nama Produk di Pencarian seperti gambar dibawah ini.

4. Selanjutnya pada data Retur Penjualan isilah data yang ada seperti "Jumlah Retur, SN, & alasan Retur 

5.Setelah semua data terisi tekan/klik simpan pada ikon disket untuk memproses semua data yang sudah dibuat tadi.


Sekian tutorial 'PROSEDUR MELAKUKAN RETUR PEMBELIAN & RETUR PENJUALAN PADA TOKO HANDPHONE DAN ELEKTRONIK' pada ERZ4P dari kami, dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

Belum punya akun ERZ4P ? daftarkan usaha anda sekarang juga.

Tutorial Fitur Pesanan untuk Sales di Aplikasi Erzap Teams

25-01-2023 - Dibaca: 86 kali.
Fitur terbaru yang baru saja dirilis adalah Fitur Pesanan khusus untuk Sales di Aplikasi Erzap Teams. Diharapkan fitur ini dapat memenuhi kebutuhan dari Sales yang memilik mobilitas tinggi dan mempercepat proses dalam melakukan pemesanan melalui smartphone, dimana sebelumnya pemesanan hanya dapat dilakukan melalui website back office Erzap.
Baca selengkapnya...

Penggunaan Fitur PPOB Erzap

23-12-2019 - Dibaca: 4093 kali.
Sebagian besar Individu sudah pernah menggunakannya tanpa disadari, namun belum mengetahui istilah dan definisi PPOB. Pada dasarnya, PPOB adalah sebuah sistem pembayaran secara online dengan memanfaatkan fasilitas perbankan. Dalam hal ini, pembayaran yang dimaksud bisa bermacam-macam, mulai dari PLN, BPJS, PDAM, telepon, pulsa, internet, paket data, asuransi, kartu kredit, multi finance, hingga voucher game. 
Baca selengkapnya...

Mana yang Lebih Baik antara Direct dan Indirect Marketing?

25-10-2022 - Dibaca: 159 kali.
Marketing merupakan bagian penting dalam sebuah bisnis. Oleh sebab itu, penting bagi pemasar untuk menentukan strategi marketing yang cocok. Strategi pemasaran seperti apa yang baik bagi bisnis? Temukan di sini!
Baca selengkapnya...

Penerapan Cashback untuk Penjualan Star Seller Shopp

23-04-2019 - Dibaca: 5711 kali.
Untuk Star Seller Shopee, setiap penjualan yang dilakukan akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1 persen. Hal ini menyebabkan Customer membayar total faktur sesuai dengan nota, tetapi nominal yang diterima oleh Penjual adalah nominal yang sudah dipotong biaya administrasi Shopee.
Baca selengkapnya...

MANAJEMEN SERIAL NUMBER/IMEI UNTUK TOKO HANDPHONE & ELEKTRONIK

24-01-2018 - Dibaca: 8561 kali.
Memuat daftar barang yang akan digunakan dalam proses produksi. anda bisa memberikan informasi detil mengenai jenis bahan dan kuantitas yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah produk yang harus diproduksi pada surat order produksi.
Baca selengkapnya...

PROSEDUR MELAKUKAN RETUR PEMBELIAN & RETUR PENJUALAN PADA TOKO HANDPHONE DAN ELEKTRONIK - ERZAP - Inovasi Tanpa Henti

melakukan retur pembelian dan retur penjualan pada toko hp dan elektronik

dalam akuntansi terdiri dari beberapa hal dan salah satunya adalah retur pembelian. Jual beli barang dagangan tidak selamanya berjalan dengan mulus. dalam kondisi tertentu biasanya ada saja barang yang rusak sehingga pembeli pasti akan mengembalikan barang yang telah dibelinya