PROSEDUR MELAKUKAN RETUR PEMBELIAN & RETUR PENJUALAN PADA TOKO HANDPHONE DAN ELEKTRONIK

12-02-2018 15:38:38, Dibaca: 61552


 

Dalam dunia usaha kita pasti mengenal retur pembelian dan retur penjualan, retur pembelian & penjualan akan terjadi jika barang telah selesai diperjualbelikan tetapi pembeli mengajukan komplain dengan alasan tertentu dan mengembalikan barang. Transaksi jual beli tidak selamanya akan berjalan lancar. Terkadang ada hambatan yang menyebabkan barang lama terkirim hingga akhirnya barang rusak dan hancur diperjalanan.

Umumnya ketika barang yang diperjualbelikan telah rusak dan sampai ke tangan pembeli, maka pembeli akan mengembalikan barang tersebut. Pengembalian barang oleh pembeli disebut retur pembelian dan penerimaan barang yang telah dijual oleh penjual disebut retur penjualan. Berikut ini prosedur melakukan retur pembelian & retur penjualan pada toko hp dan elektronik di sistem ERZAP.

Punya Usaha ? kesulitan untuk masalah Pembukuan, Stock Opname, atau Rekap Bulanan ? Tenang, anda tidak sendiri, 80.000 Pengusaha lainnya masih mengalami Hal ini dan itu wajar. Tetapi yang tidak wajar itu kalau tidak diatasi masalahnya. Bisa fatal ! Anda perlu Asisten yang teliti mencatat semua history dari kegiatan operasional anda

Dan Erzap hadir sebagai Asisten tersebut. Bagaimana cara Erzap menjadi asisten anda ? Simak Video dibawah

 

 


RETUR PEMBELIAN

Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Akseslah menu Pembelian > Retur Pembelian > Buat Baru

 

2. Kemudian pada halaman ini pilihlah "Dengan faktur" selanjutnya cari nama produk dengan cara ketik kolom "No faktur Pembelian" atau Anda juga bisa mencarinya di icon search disebelah kanan kolom


 

3. Berikut merupakan tampilan pencarian produk, anda bisa inputkan *No Faktur, *Nama Supplier, *Barcode ataupun *Nama Produk untuk mencari produk yang akan diretur.


 

4. Setelah itu ERZ4P akan menampilkan data produk seperti gambar dibawah ini.


 

5. Kemudian pada halaman ini anda inputkan *Alasan Pengembalian, *Jumlah Retur dan *SN produk.


 

6. Terakhir simpanlah hasil retur pembelian anda dengan mengklik ikon disket di sebelah kiri seperti gambar yang telah kami tandai


 

7. Untuk melihat dan edit data yang pernah di retur anda dapat mengaksesnya pada menu Pembelian  > Retur Pembelian > Manajemen Data.


RETUR PENJUALAN


Untuk melakukan Retur Penjualan prosedurnya adalah sebagai berikut :

1. Akseslah menu Penjualan > Retur Penjualan > Buat Baru

2. Kemudian akan muncul Retur Penjualan, klik simbol Data Faktur Penjualan seperti gambar di bawah ini.

3. Pada data Faktur Penjualan kita bisa mencari data/ barang yang akan kita retur dengan memasukkan No Faktur/Nama Pelanggan/Barcode/Nama Produk di Pencarian seperti gambar dibawah ini.

4. Selanjutnya pada data Retur Penjualan isilah data yang ada seperti "Jumlah Retur, SN, & alasan Retur 

5.Setelah semua data terisi tekan/klik simpan pada ikon disket untuk memproses semua data yang sudah dibuat tadi.


Sekian tutorial 'PROSEDUR MELAKUKAN RETUR PEMBELIAN & RETUR PENJUALAN PADA TOKO HANDPHONE DAN ELEKTRONIK' pada ERZ4P dari kami, dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

Belum punya akun ERZ4P ? daftarkan usaha anda sekarang juga.


Gajian dengan Sistem Erzap

17-06-2020 - Dibaca: 1350 kali.
Gajian adalah momen yang paling ditunggu oleh pegawai pada perusahaan manapun. Momen yang umumnya terjadi sebulan sekali ini meliputi proses pembayaran upah atas pekerjaan yang telah dilaksanakan pegawai. Walaupun menyenangkan untuk para pegawai, kegiatan ini cukup rumit untuk bagian HRD/Personalia dan Akunting, terutama jika dilakukan secara manual tanpa bantuan Sistem. Sebab pada Perusahaan level menengah keatas, Gajian tidak hanya mencatat Gaji Pokok, namun juga Bonus, Uang Lembur, Tunjangan, Kasbon dan lain-lain. Untuk mempermudah proses penggajian pegawai, Erzap me-release fitur Penggajian Pegawai pada tahun 2018. Kini Erzap telah melakukan Update pada fitur Manajemen Data Pegawai dan juga fitur Penggajian untuk pencatatan pembukuan dan rekap yang lebih akurat dan lebih detail.
Baca selengkapnya...

Penerapan Potongan MDR Otomatis

24-12-2020 - Dibaca: 348 kali.
Sistem Erzap dapat mencatat Transaksi EDC ini menjadi Piutang dan mencatat Beban MDR secara otomatis. Yup! Otomatis! Bagaimana penerapaan Penjualan dengan Potongan MDR di Erzap? Simak metode nya pada Tutorial ini.
Baca selengkapnya...

Tutorial Penggunaan Sistem Multi-Kasir pada ERZ4P

21-09-2018 - Dibaca: 3828 kali.
Kini Erzap dapat mengelola kasir dalam jumlah banyak (multi-kasir) simak artikel berikut untuk tutorialnya
Baca selengkapnya...

Membangun Salon Kecil-Kecilan

13-01-2018 - Dibaca: 2550 kali.
Bisnis kecantikan memang lagi naik daun. Secara fisik maupun online memang banyak para pelaku usaha yang menggeser mata pencahariannya ke bentuk usaha jasa yang satu ini.
Baca selengkapnya...

Cara Membuat Plafon Piutang Pelanggan

23-05-2018 - Dibaca: 3505 kali.
Cara Membuat Plafon Piutang Pelanggan
Baca selengkapnya...

Contact

(0361) 467 603

info@erzap.com

PROSEDUR MELAKUKAN RETUR PEMBELIAN & RETUR PENJUALAN PADA TOKO HANDPHONE DAN ELEKTRONIK - ERZAP - Inovasi Tanpa Henti

melakukan retur pembelian dan retur penjualan pada toko hp dan elektronik

dalam akuntansi terdiri dari beberapa hal dan salah satunya adalah retur pembelian. Jual beli barang dagangan tidak selamanya berjalan dengan mulus. dalam kondisi tertentu biasanya ada saja barang yang rusak sehingga pembeli pasti akan mengembalikan barang yang telah dibelinya