LANGKAH - LANGKAH PEMBUATAN JURNAL

17-10-2017 16:53:22, Dibaca: 13204


Jurnal merupakan sebuah laporan yang digunakan untuk mencatat berbagai macam transaksi keuangan yang muncul dalam periode tertentu. Jurnal menjadi sebuah buku harian yang digunakan oleh perusahaan yang berisi catatan secara keseluruhan transaksi yang terjadi. Tujuan dari penjurnalan itu sendiri adalah untuk melakukan pengidentifikasian, penilaian, serta pencatatan pengaruh ekonomi yang ditimbulkan dari berbagai transaksi keuangan. Apabila anda ingin membuat suatu jurnal di ERZ4P maka ikutilah langkah - langkahnya berikut ini :

 

Membuat Jurnal Baru


Pada pilihan buat baru ini anda bisa membuat jurnal dan setelah jurnal tersebut dibuat maka jurnal tersebut akan terlihat pada menu manajemen data yang akan saya bahas nanti. Untuk membuat jurnal baru :

  1.  Pada panel akseslah menu Akunting > Jurnal > Buat baru                               
     
  2. Setelah anda meng-klik "Buat Baru" maka secara otomatis anda akan dibawa ke halaman baru dimana anda bisa membuat jurnal. Isilah data yang ada seperti "Outlet, Tanggal, Keterangan", dan pada tabel saldo isilah "Akun, Debet, Kredit, dan keterangan" setelah itu jangan lupa untuk klik icon save yang berada di sebelah kiri



Melihat Jurnal


Pada bagian ini anda bisa melihat data/ jurnal yang telah dibuat sebelumnya, untuk melihatnya langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Seperti biasa, pada panel akseslah menu Akunting > Jurnal > Manajemen Data


     
  2. Setelah itu anda akan dibawa kehalaman dimana anda bisa melihat jurnal yang telah dibuat sebelumnya, dan apabila anda ingin melihat jurnalnya, pada bagian tabel klik "Lihat". Disana anda bisa melihat isi jurnalnya. Lihatlah gambar dibawah ini :




     
  3. Atau anda juga bisa mencarinya pada bagian pencarian yang berada pada sebelah kanan. Setelah itu isilah data yang ada seperti gambar dibawah ini, dan apabila anda sudah mengisinya lalu klik filter.

 


Sekian tutorial  Pembuatan Jurnal  di ERZ4P, jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.
 

Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi ke Erzap.

Coba Gratis Sekarang!

Tutorial Stock Opname dengan Metode Scan Barcode

09-11-2019 - Dibaca: 27677 kali.
Stock Opname adalah kegiatan penghitungan barang secara fisik atas persediaan barang yang telah tercatat di ERZ4P. Secara umum, kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup menyita waktu karena user akan benar-benar terjun secara langsung memeriksa keadaan serta kondisi persediaan barang perusahaan Anda. Tapi anda tidak perlu khawatir karena ERZ4P meyediakan Fitur Stock Opname yang dapat membantu penyesuaian antara stok fisik dan stok sistem.
Baca selengkapnya...

Sinkronisasi Produk antara ERZ4P dengan Online Web Store

27-01-2018 - Dibaca: 4962 kali.
Sinkronisasi Produk antara ERZ4P dengan Online Web Store
Baca selengkapnya...

Tutorial Konfigurasi Lokasi Absen Pegawai Erzap

09-11-2022 - Dibaca: 1308 kali.
Erzap ERP dilengkapi oleh aplikasi absensi mobile untuk mencatat kehadiran pegawai yaitu Erzap Team. Dengan menggunakan aplikasi absensi Erzap Teams, pegawai dapat melakukan absensi secara mandiri menggunakan handphonenya masing-masing, kemudian data absen tersebut akan tercatat pada sistem Erzap yang kemudian akan membantu untuk kalkulasi gaji karyawan.
Baca selengkapnya...

Tutorial Aset Jual

25-07-2020 - Dibaca: 6097 kali.
Kini Erzap telah merilis update berupa fitur Aset Jual, dimana pada fitur ini, anda dapat melakukan Penghapusan/Penjualan atas Aset Tetap yang sebelumnya sudah tercatat pada Sistem. Proses Penjualan Aset ini terbilang cukup singkat karena memiliki kemiripan dengan proses Penjualan Produk pada Faktur Penjualan, namun perbedaanya terletak pada Akun yang terpengaruh atas penjualan Aset tersebut pada Laporan Neraca dan Laba Rugi
Baca selengkapnya...

Pemindahan Barang antar Cabang pada Sistem Toko Handphone dan Komputer

14-02-2018 - Dibaca: 7604 kali.
Sistem Erzap menyediakan solusi untuk masalah pengelolaan Cabang dengan dukungan fitur Multi-Outlet yang sangat memungkinkan anda untuk mengakses seluruh data outlet dalam satu sistem yang terintegrasi. Pada Tutorial ini kami akan membahas salah satu fitur yang kerap digunakan dalam pengelolaan Inventori toko Handphone, yaitu Fitur Pemindahan Barang antar Cabang
Baca selengkapnya...

LANGKAH - LANGKAH PEMBUATAN JURNAL - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Pembuatan Jurnal

jurnal merupakan karya tulis ilmiah yang memilik isi pembahasan yang cukup luas dengan isi yang padat, Dengan tiap halaman memiliki pembahasan yang berisi.