Prosedur Tukar Unit Menggunakan Fitur Tukar SN pada Sistem Toko HP

14-02-2018 13:52:43, Dibaca: 7265

Prosedur Tukar Unit Menggunakan Fitur Tukar SN pada Toko HP

Tukar serial number pada toko handphone biasanya merujuk pada proses penukaran atau penggantian perangkat handphone dengan unit baru yang memiliki serial number / IMEI yang berbeda. Proses ini dapat dilakukan dalam beberapa situasi, seperti:

  1. Garansi:
    Jika handphone mengalami masalah atau kerusakan yang tercakup dalam periode garansi, toko handphone mungkin menawarkan tukar unit dengan unit baru yang memiliki serial number berbeda. Ini dilakukan sebagai bagian dari layanan garansi untuk memastikan konsumen mendapatkan perangkat yang berfungsi dengan baik.

  2. Retur atau Pengembalian Barang:
    Jika Anda mengembalikan handphone karena alasan tertentu, seperti ketidakpuasan atau ketidakcocokan dengan produk, toko handphone mungkin menawarkan tukar unit dengan produk lain yang sesuai keinginan Anda. Handphone baru yang diterima akan memiliki serial number yang berbeda.

  3. Penukaran atau Upgrade:
    Beberapa toko handphone atau produsen mungkin memiliki program penukaran atau upgrade. Dalam hal ini, Anda bisa menukarkan handphone lama dengan model yang lebih baru atau dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Handphone baru yang diterima kemungkinan akan memiliki serial number yang berbeda.

  4. Penukaram karena Alasan Khusus:
    Beberapa toko atau produsen mungkin memiliki kebijakan khusus yang memungkinkan pelanggan untuk menukar unit handphone mereka dengan alasan tertentu, bahkan jika handphone tersebut tidak mengalami masalah teknis. Hal ini bisa terjadi dalam konteks program-program promosi atau kebijakan pelanggan yang murah hati.

Baca jugaModul Servis Elektronik Erzap

Erzap ERP sebagai solusi manajemen bisnis menyediakan fitur tukar serial number sebagai salah satu keunggulan utama bagi toko handphone. Fitur ini memungkinkan untuk melakukan penukaran perangkat dengan serial nomor yang berbeda dengan cepat, memudahkan penanganan garansi, retur atau penukaran perangkat yang mengalami masalah.

Daftar Isi
1. Prosedur Tukar SN Pembelian
2. Prosedur Tukar SN Penjualan

1. Prosedur Tukar SN Pembelian

Berikut adalah prosedur Tukar SN pada Pembelian. Pilih menu Pembelian, kemudian pilih menu Tukar SN, lalu klik Buat Baru.

Klik menu  untuk menampilkan dan mencari Data Faktur Pembelian atau Isi Nomor Faktur Pembelian pada halaman Pencatatan Penukaran Serial Number Pembelian.

Klik tombol Cari untuk melakukan pencarian data.

Berikutnya akan ditampilkan Detail Informasi mengenai Nomor Faktur Pembelian yang di inputkan.

Isi kolom Alasan Penukaran, kemudian input SN Pengganti pada tabel Daftar Barang sesuai dengan barang yang ingin di tukarkan.

Klik tombol Simpan untuk menyimpan data.

Berikutnya akan muncul notifikasi bahwa Data Berhasil Disimpan. Klik Ok.

Baca juga: Tutorial Klaim Garansi Servis Erzap

Sistem akan menampilkan Nota Penukaran Serial Number seperti gambar berikut. Nota Penukaran Serial Number akan berisi keterangan seperti Barcode, Nama Barang serta informasi SN Lama dan SN Baru.

Manajemen Data Tukar SN Pembelian dapat diakses melalui menu Pembelian, lalu pilih menu Tukar SN, lalu klik menu Manajemen Data.

Berikut adalah halaman Daftar Data Tukar SN Pembelian, gunakan fitur Pencarian untuk membantu pencarian data.

Klik Nomor Nota pada kolom Nota untuk menampilkan Nota Pembelian.

Berikut adalah tampilan Nota Pembelian, terdapat informasi tambahan pada nota yang menunjukan bahwa pernah terjadi penukaran Serial Number.

Pembatalan Tukar SN dapat dilakukan melalui menu Batalkan.


2. Prosedur Tukar SN Penjualan

Berikut adalah prosedur Tukar SN pada Penjualan. Pilih menu Penjualan, kemudian pilih menu Tukar SN, lalu klik Buat Baru.

Berikut adalah tampilan halaman Pencatatan Penukaran Serial Number Penjualan. Klik menu  untuk menampilkan dan mencari Data Faktur Penjualan atau Inputkan Serial Number seperti gambar berikut, maka akan muncul informasi barang dengan nomor Faktur Pembelian dan Penjualannya. Klik untuk memasukkan data.

Baca juga: Tutorial Perhitungan Bobot Servis Berdasarkan Sparepart / Produk

Nomor Faktur Penjualan akan terisi seperti gambar berikut.

Kemudian klik tombol Cari untuk mencari data berdasarkan Nomor Faktur Penjualan dan Serial Number yang digunakan.

Berikutnya akan muncul tampilan seperti berikut. Isi kolom Alasan Penukaran.

Tandai Produk Terjual pada tabel Daftar Barang seperti gambar berikut.

Kemudian isi kolom Produk Pengganti dan SN Pengganti, data ini nantinya akan menjadi pengganti produk dan SN dari Produk Terjual sebelumnya.

Klik Simpan untuk menyimpan Pencatatan Penukaran SN.

Berikutnya akan muncul notifikasi bahwa Data Berhasil Disimpan. Klik Ok.

Sistem akan menampilkan Nota Penukaran Serial Number seperti gambar berikut. Nota Penukaran Serial Number akan berisi keterangan seperti Barcode, Nama Barang serta informasi SN Lama, Produk yang digunakan sebagai Penukar dan SN Baru.

Manajemen Data Tukar SN Penjualan dapat diakses melalui menu Penjualan, lalu pilih menu Tukar SN, lalu klik menu Manajemen Data.

Berikut adalah halaman Daftar Data Tukar SN Penjualan, gunakan fitur Pencarian untuk membantu pencarian data.

Klik Nomor Nota pada kolom Nota untuk menampilkan Nota Penjualan.

Berikut adalah tampilan Nota Penjualan, terdapat informasi tambahan pada nota yang menunjukan bahwa pernah terjadi penukaran Serial Number.

Pembatalan Tukar SN dapat dilakukan melalui menu Batalkan.

Sekian  Prosedur Tukar Unit Menggunakan Fitur Tukar SN pada Sistem Toko HP. Dengan fitur Tukan SN, pengelolaan dan pencatatan produk dengan Serial Number dapat dilakukan dengan optimal. Silahkan hubungi PIC Anda masing-masing untuk informasi lebih lanjut. Selamat mencoba! Gunakan fitur ini untuk memaksimalkan Efisiensi dan Efektifitas Bisnis Anda!


Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Tutorial Fitur Voucher pada ERZAP ERP

28-09-2023 - Dibaca: 1276 kali.
Voucher potongan harga adalah alat yang efektif dalam strategi pemasaran modern untuk meningkatkan penjualan dan memikat pelanggan. Dengan memberikan diskon atau potongan harga melalui voucher, bisnis dapat meningkatkan daya tarik produk atau layanan mereka, mendorong pembelian impulsif, dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.
Baca selengkapnya...

Sudah Tahu 7 Jenis Komisi Sales Ini? Ayo, Cari Tahu Lebih Lanjut di sini!

28-08-2022 - Dibaca: 4249 kali.
Bingung menentukan komisi untuk sales? Ini dia 7 jenis komisi sales yang dapat Anda pilih!
Baca selengkapnya...

Tutorial Instalasi Driver Printer Ethernet

06-09-2017 - Dibaca: 8626 kali.
Memasang driver printer yang menggunakan kabel Ethernet memang berbeda dari yang biasanya, oleh karena itu anda dapat mengikuti tutorial dibawah ini yang meliputi.
Baca selengkapnya...

Tutorial Setting Printer Epson LX untuk Kertas A5

14-12-2023 - Dibaca: 1533 kali.
Kecepatan cetak yang tinggi juga membuatnya cocok untuk situasi di mana produktivitas dan efisiensi operasional merupakan faktor kunci. Printer Epson LX sering digunakan dalam sektor keuangan, ritel, dan industri lainnya di mana pencetakan formulir dan dokumen berulang secara efisien sangat diperlukan. Berikut adalah penjelasan mengenai pengaturan Printer LX untuk kertas A5 pada sistem Erzap ERP.
Baca selengkapnya...

Menjelajahi Bali dengan Travel Guide: Jadikan Perjalanan Anda Tak Terlupakan

03-10-2023 - Dibaca: 634 kali.
Bali, surga tersembunyi di Indonesia, telah menjadi destinasi mimpi bagi para petualang. Kecantikan alamnya yang memukau, kekayaan budayanya, dan keramahan penduduknya menjadikan Bali tidak hanya sebagai destinasi wisata biasa, tetapi juga pengalaman yang mendalam dan transformatif.
Baca selengkapnya...

Prosedur Tukar Unit Menggunakan Fitur Tukar SN pada Sistem Toko HP - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

tukar sn, tukar serial number, serial number, erzap manajemen serial number

Penukaran SN dilakukan karena beberapa faktor contohnya seperti produk rusak. Berikut ini merupakan prosedur yang lakukan untuk menukar Serial Number produk dengan menu pembelian dan penjualan pada Erzap ERP.