Apakah Akun Facebook Anda sudah Menghasilkan?

30-06-2022 20:46:49, Dibaca: 230

Tingkat Pengguna Facebook di Indonesia

Facebook adalah situs media sosial yang diluncurkan tahun 2004 dan telah digunakan kurang lebih 18 tahun. Popularitasnya di Indonesia sendiri baru meningkat sekitar tahun 2008-2009. Dilansir dari Databoks, terdapat lebih dari 129 juta pengguna Facebook di Indonesia yang menjadikan negara kita masuk dalam 10 Negara dengan jumlah pengguna Facebook terbesar di dunia di bawah India dan Amerika. Sepanjang perjalanannya, Facebook terus melakukan inovasi yang membuat layanan jejaring sosial tersebut terus berkembang mengikuti kebutuhan zaman dan tetap digunakan sampai detik ini. Beberapa tahun terakhir, Facebook juga menjadi tempat jual beli didukung dengan Facebook marketplace dan fitur lainnya untuk para pebisnis. Karenanya, sangat disayangkan apabila kita belum memanfaatkan fitur-fitur tersebut untuk berjualan di Facebook. Bagaimana cara mengoptimalkan akun Facebook bagi Anda sebagai pebisnis? Simak ulasannya berikut ini.

Optimasi Facebook untuk Bisnis

a. Membuat akun dan page khusus bisnis

Anda masih menggunakan akun personal sebagai akun bisnis? Jika iya, sebaiknya pisahkanlah akun pribadi Anda dengan akun yang digunakan untuk berjualan. Alasannya, jika Anda menggabungkan akun bisnis dan akun pribadi, besar kemungkinannya untuk dilaporkan karena dianggap spam. Lebih baik lagi apabila akun untuk iklan dan jualan juga dipisah sehingga akun iklan bisa difokuskan untuk melakukan iklan secara massive sementara akun jualan khusus untuk menampilkan produk Anda. Pastikan foto dan cover akun bisnis sudah sesuai dengan nama usaha dan branding agar mudah ditemukan konsumen.

b. Perhatikan judul dan deskripsi produk di Marketplace

Lengkapi deskripsi produk yang diminta saat akan mendaftarkan produk untuk dijual di marketplace sehingga dapat meminimalisir pertanyaan berulang dari calon konsumen akibat informasi produk yang tidak jelas. Siapkan beberapa judul berbeda yang tetap relevan meskipun postingan produk sama. Tidak apa-apa menggunakan deskripsi yang sama, tetapi siapkan judul yang berbeda setiap mengunggah dan pastikan judul produk sudah spesifik. Lokasi dan kategori produk pun sebaiknya dibuat berbeda setiap unggahan agar jangkauannya lebih luas. Jangan sertakan link pada judul dan deskripsi karena hal tersebut dilarang oleh Facebook dan unggahan Anda akan dikategorikan sebagai spam. Meski demikian, Anda bisa mencantumkan nomor WhatsApp atau nama akun media sosial lain di bagian deskripsi dan poster produk.

c. Visualisasi produk sebagai langkah pertama menarik calon konsumen

Usahakan foto produk tampak jelas dan menarik. Anda dapat memainkan berbagai sudut pandang (angle) dan menggunakan pencahayaan yang memadai supaya produk terlihat jelas. Tidak perlu mengunggah foto yang berbeda setiap saat, ubah saja bagian cover atau foto pertama postingan Anda. Dewasa ini, terdapat berbagai aplikasi editing dan ilustrasi yang dapat mempercantik foto produk seperti beberapa aplikasi berikut ini.

  • PhotoRoom : background remover rapi dengan pilihan latar yang beragam agar foto produkmu tampak profesional.
  • Canva : produk tampak lebih menarik dengan template dan fitur dari Canva. Sesuaikan warna dan ornaments yang ada dengan jenis produk agar semakin terfokus pada target market.
  • Snapseed : sulap foto produk agar lebih cerah dan tajam.
  • Lightroom : atur pencahayaan dan warna foto.
  • PicsArt : untuk editing foto dan ilustrasi poster.
  • Adobe Photoshop : mock up produk baik 2D maupun 3D agar tampilan produk lebih ciamik.

Anda mungkin tertarik Kenali Apa Itu Fraud dan Dampaknya bagi Perusahaan

d. Menggunakan Facebook Ads

Facebook Ads dapat memudahkan Anda dalam menjangkau calon konsumen yang sesuai target market karena terdapat pengaturan target audiens yang dapat diatur saat menggunakan fitur ini. Pengaturan iklan dapat diatur berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, ketertarikan dan perilaku, serta frekuensi iklan. Anggaran iklan pun relatif terjangkau, yakni dimulai dari Rp10.000,00/hari. Tujuan dari iklan juga dapat diatur secara rinci seperti untuk promosi brand, viral, install aplikasi tertentu, dan menghasilkan transaksi penjualan.

e. Bergabung dengan Grup Facebook

Ada banyak grup Facebook yang menjadi wadah bagi para pebisnis untuk mempromosikan barang dagangannya. Sayangnya, tidak semua grup tersebut aktif dan sering kali jenis barang atau jasa yang dipromosikan pada grup tersebut bersifat umum. Gabunglah dengan grup yang relevan dengan produk Anda serta perhatikan copywriting saat mengiklankan produk melalui post. Ada berbagai formula copywriting yang dapat Anda coba, yaitu sebagai berikut.

  • AIDA : Attention, Interest, Desire, and Action
  • 5W+1H : What, Who, When, Where, Why, How
  • PAS : Problem, Agitate, Solve
  • BAB : Before-After-Bridge
  • FAB : Features-Advantage-Benefits (FAB)
  • Dan lainnya.

Frekuensi unggahan juga perlu diatur agar tidak terlalu sering mengunggah di grup Facebook dan berakhir pada report spam. Grup Facebook merupakan sarana untuk membangun relasi dan mendapatkan masukan dari pengguna lain.

f. Aktif dan Interaktif dengan fitur Facebook

Fitur status atau stories kini tersedia hampir di seluruh sosial media. Sebut saja Instagram, WhatsApp, Line, dan Facebook sendiri. Baik Anda yang memiliki satu maupun dua akun berbeda untuk iklan dan jualan, sering-seringlah untuk update di status agar audiens tahu bahwa akun Anda aktif. Unggah konten yang mengundang interaksi audiens, seperti pertanyaan, teka-teki, dan games. Berikan respons bagi mereka yang berpartisipasi berupa like atau membalas komentar mereka. Fitur Facebook Live juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan engagement. Interaksi melalui Facebook Live berpotensi tinggi untuk mendatangkan calon konsumen dan menghasilkan transaksi karena audiens dapat bertanya dan memberikan feedback secara langsung. Perhatikan juga pesan masuk melalui messenger. Jangan anggurkan pesan yang diterima, menunggu lama dapat menyebabkan calon konsumen berpaling dari toko Anda. Arahkan ke WhatsApp untuk memudahkan Anda melakukan follow up pembelian.

g. Menggunakan hashtag dengan jumlah yang tepat

Facebook memiliki fitur hashtag yang dapat memudahkan calon pelanggan untuk mampir ke halaman Anda. Namun, pastikan bahwa penggunaan hashtag tidak berlebihan sehingga engagement akun Anda malah sedikit dan tidak mendatangkan pembeli sama sekali.

h. Manajemen akun bisnis lebih mudah dengan Facebook Business Manager

Punya lebih dari satu akun dan staf yang berbeda? Gunakanlah Facebook Business Manager agar delegasi tugas menjadi lebih terstruktur dan mudah. Melalui fitur ini, Anda dapat menambahkan beberapa staf untuk mengelola akun Facebook dan transfer data serta iklan dari akun Anda yang lain.

i. Facebook Reels untuk menjangkau lebih banyak audiens

Konten video, terutama video pendek, sedang menduduki peringkat pertama untuk engagement dan views tertinggi di berbagai platform sosial media termasuk Facebook. Fitur yang dirilis di Indonesia pada awal tahun 2022 ini memungkinkan Anda untuk membuat video berdurasi hingga 60 detik. Bagikan juga video yang telah dibuat di media sosial lain seperti Instagram dan TikTok yang sedang didominasi oleh video pendek agar produk Anda muncul di berbagai platform.

Facebook memang menjadi media transaksi jual beli yang cukup signifikan terhadap penjualan. Namun, tahukah Anda bahwa website toko juga dapat mendatangkan pelanggan baru dan mendongkrak penjualan? Melalui website, Anda dapat memberikan informasi yang lebih lengkap tentang toko dan produk Anda. Tidak hanya itu, kredibilitas toko juga meningkat karena informasi tentang toko mudah ditemukan serta memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk langsung melakukan pembelian di toko Anda tanpa perantara marketplace. Situs web seperti milik OLZAP sudah terhubung dengan ERP dan POS ERZAP sehingga Anda dapat sekaligus melakukan monitoring dan mengelola manajemen bisnis.

MILIKI WEBSITE TOKO SENDIRI DENGAN OLZAP WEB

Olzap web store merupakan situs web untuk toko yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan informasi yang ingin Anda tampilkan. Sesuai dengan namanya, Olzap web store memungkinkan pelanggan untuk langsung membeli produk melalui situs web toko Anda. Transaksi yang terjadi melalui web store tersinkronisasi dengan back office ERZAP sehingga laporan transaksi dan stok tidak perlu dilakukan secara manual.

Anda juga akan mendapatkan fitur katalog GRATIS jika berlangganan dengan ERZAP. Fitur katalog ini dapat Anda pilih sebagai alternatif Olzap Web Store. Bentuk dari fitur katalog adalah situs web yang menampilkan produk-produk Anda sesuai yang terdata di sistem ERZAP. Jadi Anda tidak perlu mendaftarkan produk Anda dua kali, cukup muat data produk di back office dan produk pada fitur Katalog akan muncul otomatisSedikit berbeda dengan Olzap web store, pelanggan tidak melakukan pembelian melalui Katalog tersebut, melainkan melalui WhatsApp dengan menekan tombol Chat on WhatsApp yang ada ketika pelanggan mengakses katalog toko Anda. Stok yang tertera pada katalog bersifat real-time, perubahan harga jual juga diperbaharui otomatis mengikuti data di back office. Anda dapat memanfaatkan SEO untuk mendatangkan calon pelanggan dengan menggunakan katalog ini karena meta keyword produk akan masuk ke katalog global. Manfaat bagi pelanggan adalah mereka dapat dengan mudah menemukan informasi produk secara lebih rinci.

Memiliki web store dan katalog produk akan membuat toko Anda tampak semakin professional. Olzap Web store telah terintegrasi dengan ERZAP POS dan back office sehingga data produk, penjualan, pembelian, stok inventory, dan laporan lainnya tidak perlu diatur dan direkap secara manual satu per satu. 

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan daftar melalui klik tombol di bawah ini.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Faktur Pajak Masukan

21-09-2020 - Dibaca: 2898 kali.
Mencatat Faktur Pajak Masukan itu Sulit Tanpa Bantuan Sistem! Dalam sebuah perusahaan baik dagang maupun jasa akan mengalami kesulitan dalam mencatat Faktur Pajak Masukan, mengapa begitu ? Karena Perusahaan tidak melakukan Pembelian terhadap satu Supplier (PKP) saja, namun dari banyak Supplier. Ditambah lagi, satu Supplier saja dapat melakukan banyak Penjualan ke Perusahaan anda dimana Penjualan dari mereka ini akan mengharuskan anda menerbitkan banyak Faktur Pajak Masukan. Maka dari itu dibutuhkan bantuan Sistem seperti Erzap contohnya. Fungsinya untuk melacak, mendata, dan memproses sekian banyak Faktur Pajak Masukan dari berbagai Supplier. Dalam Tutorial kali ini kami akan menjelaskan secara detail tentang memproses Faktur Pajak Masukan pada Sistem Erzap yang tentunya dapat anda lakukan dengan praktis !
Baca selengkapnya...

Punya Bisnis Tempat Makan? Berikut Ini Pajak yang Harus Anda Ketahui!

03-01-2022 - Dibaca: 872 kali.
Punya Restoran di Bali? Dapatkan software ERP ERZAP untuk manajemen bisnis Anda! Sudah terintegrasi dengan sistem Akunting dan POS.
Baca selengkapnya...

Upload / Export Data Produk ke ERZ4P

11-10-2017 - Dibaca: 4363 kali.
Dengan mengupload data pada ERZ4P user akan dapat lebih mudah dalam mengedit data dengan jumlah banyak sekaligus secara mudah karena menggunakan aplikasi Microsoft Excel,
Baca selengkapnya...

Penambahan Topping untuk Menu pada ERZAP RESTO

23-01-2019 - Dibaca: 3501 kali.
Setiap Customer, tepatnya menyangkut tentang hidangan, tentu memiliki selera tersendiri. Itu sebabnya beberapa Restoran menyediakan Hidangan dengan pilihan mempersonalisasi hidangan tersebut sesuai selera Customer yang juga dikenal sebagai Topping ( Adds-On ). Contohnya seperti memberi penawaran hidangan dengan Ekstra Keju, Ekstra Telur, atau Ekstra Saus. Tetapi, Penambahan Topping ini tentunya akan dikenakan biaya tambahan juga.
Baca selengkapnya...

Penarikan Prive pada Erzap

03-08-2020 - Dibaca: 2472 kali.
Prive adalah pengambilan dana dari owner/investor dari perusahaan yang mereka miliki/invest yang akan digunakan untuk kebutuhan pribadi. Penarikan Prive ini akan mengakibatkan pengurangan pada nilai Modal Awal Erzap dengan Modul Pembukuannya, mendukung pencatatan Penarikan Prive. Pada Tutorial kali ini akan membahas cara menginputkan transaksi Penarikan Prive
Baca selengkapnya...

Apakah Akun Facebook Anda sudah Menghasilkan? - ERZAP - Inovasi Tanpa Henti

Facebook, tips facebook, fitur facebook, facebook marketplace, web store

Anda punya akun Facebook, tetapi belum menghasilkan? Lakukanlah beberapa tips berikut agar akun Anda lebih menghasilkan.