Intip 5 Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan agar Bisnis Anda tetap Jaya!

08-02-2022 15:27:12, Dibaca: 3051

INTIP 5 TIPS MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN AGAR BISNIS ANDA TETAP JAYA


CRM (Customer Relationship Management)

Sebelum kita membahas mengenai tips-tips menjaga loyalitas pelanggan, kita perlu tahu tentang CRM. CRM adalah upaya perusahaan dalam melakukan manajemen pelanggan agar hubungan antara perusahaan dan pelanggan dapat terjaga dengan baik yang nantinya berpengaruh terhadap penjualan perusahaan. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan pelanggan Anda? Simak pembahasannya berikut ini!


5 TIPS MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN

1.    Optimalkan Penggunaan Sosial Media untuk Berkomunikasi dengan Pelanggan

Anda dapat memanfaatkan sosial media untuk menjaga komunikasi Anda dengan konsumen. Salah satunya dengan Instagram. Selain mengunggah konten berisikan produk Anda, buatlah konten yang melibatkan followers seperti quiz atau tebak-tebakan. Jangan lupa untuk mengikuti hal yang sedang ramai dibicarakan untuk mengundang followers Anda berkomentar di halaman Instagram Anda. Jika ada yang berkomentar, segera beri tanggapan agar engagement Instagram Anda terjaga.

2.    Upayakan Pelayanan yang Terbaik

Pelayanan yang dimaksud bukan hanya saat pelanggan masih berstatus ‘calon konsumen’, tetapi juga saat dan setelah melakukan pembelian. Lakukan follow up kepada konsumen setelah mereka melakukan pembelian dan mengirimkan ucapan terima kasih melalui media elektronik berdasarkan data pelanggan ketika mereka melakukan transaksi. Ketika pelanggan mengajukan komplain pun, Anda harus mampu memberikan solusi. Kadang kala saat mengajukan komplain, bisa jadi bukan produk atau usaha Anda yang salah. Namun, meskipun kesalahan ada di sisi pelanggan, Anda tetap harus memilih kata-kata yang tepat agar pelanggan tidak merasa terpojokkan. 

3.    Melakukan Survei Kepuasan Pelanggan

Survei kepuasan yang Anda ajukan kepada pelanggan dapat berupa survei kepuasan atas produk maupun pelayanan Anda. Melalui hasil survei, Anda dapat mengetahui hal apa saja yang menjadi kelemahan bisnis Anda untuk kemudian diperbaiki atau bahkan memperkuat bagian bisnis Anda yang cukup memuaskan bagi pelanggan Anda. 

4.    Membuat Loyalty Program

Program loyalitas yang dapat Anda lakukan adalah dengan menerapkan sistem poin terhadap pelanggan Anda. Anda juga dapat menciptakan komunitas pengguna dengan membuat semacam membership serta melakukan kegiatan komunitas. Klik artikel ini untuk membaca lebih lanjut tentang fitur program loyalitas erzap.

5.    Memberikan Individual Attention kepada Pelanggan Anda

Ada pentingnya menyimpan data pelanggan Anda. Selain berkaitan dengan kebutuhan pemasaran, Anda dapat memberikan ‘perhatian lebih’ yang lebih personal kepada pelanggan berdasarkan data yang ada. Contohnya ketika Anda menyimpan data pelanggan termasuk hari ulang tahunnya, Anda dapat mengirimkan pesan atau email untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada pelanggan tersebut. Semakin lengkap data yang Anda miliki, akan semakin membantu Anda untuk memberikan individual attention kepada pelanggan Anda.

 

Itu tadi 5 tips mengelola loyalitas pelanggan yang dapat Anda terapkan. Jika Anda membutuhkan sistem yang dapat mempermudah CRM Anda terutama dalam mengelola program loyalitas pelanggan, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan sistem ERP. Salah satunya ERZAP ERP yang dilengkapi dengan berbagai modul termasuk modul CRM.  Apa saja fitur yang dapat Anda manfaatkan? Berikut pembahasannya!

KELOLA PROGRAM LOYALITAS DENGAN SISTEM ERZAP

1. PROMOSI

Ada berbagai jenis promosi yang dapat Anda buat menggunakan fitur promosi ERZAP. Dengan fitur ini, kasir Anda tidak perlu bersusah payah untuk menghitung diskon maupun produk yang termasuk ke dalam promosi ketika ada transaksi sehingga lebih hemat waktu dan proses pendataan penjualan juga menjadi lebih efisien. Promosi dapat berjalan otomatis sesuai waktu dan ketentuan yang diatur pada bagian setting sehingga Anda dapat merencanakan berbagai jenis promosi jangka panjang sekaligus.

2. POIN PELANGGAN

Poin pelanggan merupakan salah satu program loyalitas pelanggan yang dapat Anda terapkan. Setiap kali pelanggan melakukan transaksi di toko Anda, mereka akan mendapatkan poin yang tertera di nota. Poin pelanggan ini nantinya dapat ditukarkan dengan produk Anda atau dikonversikan menjadi rupiah. Penjelasan mengenai fitur ini secara lebih lengkap dapat Anda temukan di sini. Manfaatnya bagi Anda adalah sistem ini akan memungkinan pelanggan Anda untuk melakukan pembelian kembali dan menjadi pelanggan setia di toko Anda.

3. DATA PELANGGAN

Data pelanggan sangat penting untuk kegiatan pemasaran serta analisis penjualan bisnis Anda. Setiap kali ada transaksi, kasir Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk menyimpan data pelanggan yang nantinya akan berguna untuk program loyalitas pelanggan, seperti di nomor sebelumnya, menyebarkan informasi termasuk promosi kepada pelanggan, dan memberikan individual attention kepada pelanggan.

4. SAVE NO. WHATSAPP OTOMATIS

ERZAP memiliki fitur share nota via WhatsApp yang dapat Anda pilih sebagai alternatif selain mencetak nota via kertas. Ketika kasir Anda menginput nomor pelanggan untuk dikirimkan nota, secara otomatis data pelanggan akan tercatat dan memudahkan Anda untuk membangun CRM.

5. STATISTIK PELANGGAN

Anda dapat mengetahui pelanggan mana yang termasuk pelanggan setia ataupun pelanggan yang paling banyak nominal transaksinya di tempat Anda melalui fitur ini. Nantinya informasi dari statistik tersebut akan memudahkan Anda untuk menentukan pelanggan mana yang perlu Anda beri reward karena angka pembeliannya tinggi. Pada bagian ini, Anda dapat melihat berapa jumlah pembelian dari setiap pelanggan per periode serta total pembeliannya. Anda dapat memanfaat fitur filter yang ada untuk memudahkan pencarian yang lebih rinci.

6. DEPOSIT PELANGGAN

Anda punya pelanggan setia yang sering berkunjung ke tempat Anda? Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk 'menabung' kembalian yang diterima. Uang kembalian disimpan di tempat Anda dan dicatat di sistem, ketika pelanggan tersebut datang kembali mereka dapat menggunakan uang yang disimpan tersebut untuk dibelanjakan. Baca artikel ini untuk mengetahui fitur deposit pelanggan lebih lanjut.

 

BANGUN CRM DENGAN PROGRAM LOYALITAS ERZAP
Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

 

Sinkronisasi Blibli

12-12-2020 - Dibaca: 5436 kali.
Tinggalkan Seller Centermu! Kelola semua Tokomu di Blibli lewat Erzap. Yes, semuanya bisa connect dengan Erzap! Bagaimana caranya? Check this Tutorial out!
Baca selengkapnya...

Bahaya Turnover Karyawan yang Tinggi pada Kinerja Perusahaan

17-08-2022 - Dibaca: 3476 kali.
Pernah mendengar tentang turnover karyawan? Kenali dampaknya bagi perusahaan di sini!
Baca selengkapnya...

FAQ Seputar Omnichannel ERZAP

03-05-2024 - Dibaca: 1094 kali.
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh client-client kami seputar Omnichannel ERZAP.
Baca selengkapnya...

Punya Bisnis Tempat Makan? Berikut Ini Pajak yang Harus Anda Ketahui!

03-01-2022 - Dibaca: 3119 kali.
Punya Restoran di Bali? Dapatkan software ERP ERZAP untuk manajemen bisnis Anda! Sudah terintegrasi dengan sistem Akunting dan POS.
Baca selengkapnya...

Penerapan Penjualan Air Isi Ulang pada ERZAP

06-02-2019 - Dibaca: 7886 kali.
Air Isi Ulang memang salah satu kebutuhan yang essensial, baik di rumah, di kantor, dimanapun itu. Menyadari penting nya menyediakan produk ini. hampir seluruh Toko Sembako, Mini Market dan toko toko kebutuhan pokok lainnya selalu menyiapkan stok Air Isi Ulang dalam jumlah besar.
Baca selengkapnya...

Intip 5 Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan agar Bisnis Anda tetap Jaya! - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

CRM, pelanggan, loyalitas pelanggan, program loyalitas, loyalty program

Ingin pelanggan Anda loyal pada bisnis Anda? Ketahui tips-tips berikut ini!