Cara Hitung THR Karyawan 2023

03-04-2023 14:47:34, Dibaca: 425

Cara Hitung THR Karyawan 2023

THR atau Tunjangan Hari Raya adalah tunjangan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja yang telah dilakukan selama setahun. Tunjangan ini biasanya diberikan menjelang hari raya Idul Fitri atau Natal. THR sendiri merupakan hak bagi karyawan yang telah bekerja selama minimal satu tahun di perusahaan. THR merupakan penghasilan yang wajib diberikan oleh perusahaan dan diatur oleh peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Berikut adalah cara menghitung THR yang lebih detail:

  1. Tentukan nilai gaji bruto Gaji bruto adalah gaji karyawan sebelum dipotong pajak dan tunjangan lainnya. Untuk menghitung gaji bruto, perusahaan perlu mengumpulkan data gaji karyawan selama satu bulan, termasuk tunjangan dan bonus. Setelah itu, jumlahkan semua pendapatan yang diterima karyawan dalam satu bulan untuk mendapatkan nilai gaji bruto.

  2. Hitung tunjangan karyawan Tunjangan karyawan adalah bentuk penghasilan tambahan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan. Besaran tunjangan dapat bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan dan jabatan karyawan. Tunjangan karyawan yang umum diberikan antara lain tunjangan transportasi, tunjangan kesehatan, dan tunjangan keluarga. Hitunglah besaran tunjangan karyawan yang diberikan kepada karyawan.

  3. Tentukan persentase THR Persentase THR yang diberikan oleh perusahaan juga dapat bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Menurut UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, perusahaan diwajibkan memberikan THR sebesar satu bulan gaji kepada karyawan yang telah bekerja minimal satu tahun. Namun, persentase THR yang diberikan oleh perusahaan biasanya lebih dari satu bulan gaji pokok. Biasanya, persentase THR yang diberikan berkisar antara 1 hingga 3 kali gaji pokok karyawan.

  4. Hitung total THR Setelah nilai gaji bruto, tunjangan karyawan, dan persentase THR telah ditentukan, maka perusahaan dapat menghitung total THR. Total THR dapat dihitung dengan cara mengalikan nilai gaji bruto dengan persentase THR yang telah ditentukan, lalu menambahkan besaran tunjangan karyawan.

Contoh:

Jika karyawan memiliki gaji bruto sebesar Rp 5.000.000,- dan perusahaan memberikan persentase THR sebesar 2 kali gaji pokok, serta memberikan tunjangan karyawan sebesar Rp 1.000.000,- maka perhitungannya adalah sebagai berikut: THR = (2 x Rp 5.000.000) + Rp 1.000.000 THR = Rp 11.000.000,-

Dalam contoh di atas, total THR yang diterima oleh karyawan adalah sebesar Rp 11.000.000,-

Itulah cara menghitung THR yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan tunjangan kepada karyawan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja yang telah dilakukan selama setahun. Penting bagi perusahaan untuk memahami aturan yang berlaku dalam memberikan THR dan memberikan tunjangan yang sesuai dengan kebijakan perusahaan.


Aplikasi Absensi Canggih Erzap Teams

Erzap Teams adalah sebuah aplikasi absensi berbasis mobile yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola absensi karyawan secara efisien dan akurat. Aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis melalui Google Play dan App Store.

Salah satu fitur unggulan dari Erzap Teams adalah lock location, di mana perusahaan dapat mengatur batasan lokasi di mana karyawan dapat melakukan login absen. Dengan fitur ini, perusahaan dapat memastikan bahwa karyawan benar-benar berada di lokasi kerja yang seharusnya saat melakukan absen.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan laporan absensi secara real-time yang memudahkan perusahaan untuk melakukan analisis kinerja karyawan.

Dengan menggunakan aplikasi absensi seperti Erzap Teams, perusahaan dapat mempercepat proses pengolahan data absensi karyawan dan mengurangi kesalahan pencatatan manual. Hal ini akan membantu perusahaan dalam mengelola sumber daya manusia secara efektif dan efisien.


Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Tutorial Penerapan Potongan MDR Otomatis pada Erzap ERP

24-12-2020 - Dibaca: 4583 kali.
Sistem Erzap dapat mencatat Transaksi EDC ini menjadi Piutang dan mencatat Beban MDR secara otomatis. Yup! Otomatis! Bagaimana penerapaan Penjualan dengan Potongan MDR di Erzap? Simak metode nya pada Tutorial ini.
Baca selengkapnya...

Pentingnya Implementasi Akunting Bagi Usha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

29-08-2022 - Dibaca: 978 kali.
Akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan. Saat ini, pemerintah tengah menggencarkan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). UMKM sendiri berpotensi membangun ekonomi nasional yang kuat karena jumlahnya sangat banyak, dan merupakan penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) serta penyerap tenaga kerja terbesar di Indonesia. Namun, para pelaku UMKM sering kali tidak mengimplementasikan dengan melakukan pencatatan akuntansi karena umumnya mereka merasa bahwa pencatatan akuntansi cukup sulit untuk dilakukan dalam sebuah usaha kecil serta memakan uang dan waktu yang cukup banyak. Padahal, pencatatan akuntansi sendiri memiliki dampak yang besar bagi UMKM ke depannya.
Baca selengkapnya...

Konfigurasi Cash Drawer Printer Star MPOP pada Windows

08-08-2018 - Dibaca: 9454 kali.
Berikut ini adalah tutorial untuk mengkonfigurasi printer Star mPOP pada OS Windows agar dapat membuka cash drawer secara otomatis saat transaksi berlangsung
Baca selengkapnya...

Tutorial Stock Opname dengan Metode Scan Barcode

09-11-2019 - Dibaca: 28497 kali.
Stock Opname adalah kegiatan penghitungan barang secara fisik atas persediaan barang yang telah tercatat di ERZ4P. Secara umum, kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup menyita waktu karena user akan benar-benar terjun secara langsung memeriksa keadaan serta kondisi persediaan barang perusahaan Anda. Tapi anda tidak perlu khawatir karena ERZ4P meyediakan Fitur Stock Opname yang dapat membantu penyesuaian antara stok fisik dan stok sistem.
Baca selengkapnya...

Cara Mendaftarkan Usaha ke ERZAP

23-03-2018 - Dibaca: 5968 kali.
Cara mendaftar akun ERZ4P
Baca selengkapnya...

Cara Hitung THR Karyawan 2023 - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

thr, tunjangan hari raya, gajian, lebaran, liburan, tunjangan karyawan, Persentase THR Idul Fitri, Cara menghitung THR Idul Fitri, Panduan pembayaran THR Idul Fitri, Kewajiban perusahaan dalam pembayaran THR Idul Fitri

Artikel ini membahas tentang cara menghitung Tunjangan Hari Raya (THR) berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Pembaca akan memperoleh informasi mengenai cara menghitung THR untuk karyawan tetap maupun karyawan kontrak, beserta dengan contoh perhitungan yang jelas dan mudah dipahami. Selain itu, artikel ini juga memberikan tips dan saran mengenai cara mengelola THR dengan efektif dan efisien di dalam perusahaan, termasuk dalam hal pengelolaan anggaran dan pemrosesan administrasi THR. Dengan membaca artikel ini, pembaca akan memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai bagaimana melakukan perhitungan THR dan mengelola aspek keuangan di dalam perusahaan.