Ingin Membuka Bisnis? Pahami Beberapa Fundamental Bisnis berikut!

15-11-2022 23:58:47, Dibaca: 2862

Apa itu Bisnis?

Bisnis adalah sebuah kegiatan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk menghasilkan keuntungan. Menurut Hughes dan Kapoor, bisnis adalah kegiatan individu yang terorganisir untuk mendapatkan keuntungan melalui transaksi jual beli barang atau jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat. Keuntungan yang dimaksud bisa berupa keuntungan tangible (berwujud) maupun intangible (tidak berwujud). Keuntungan tangible adalah keuntungan bisnis yang berdampak langsung bagi perusahaan, seperti aset, harta, dan materi lainnya. Sebaliknya, keuntungan intangible adalah keuntungan yang tidak berdampak langsung pada perusahaan, tetapi tetap membawa efek positif, yakni citra, brand awareness, dan kepuasan konsumen. Bagian terpenting dalam sebuah bisnis adalah wirausaha itu sendiri sehingga penting untuk mengetahui karakteristik yang harus ada pada seorang wirausaha.

Karakteristik Wirausaha

1. Bersahabat dengan ketidak pastian

Lingkungan bisnis yang tidak pasti disebabkan oleh berbagai faktor, dan biasanya disebabkan oleh faktor eksternal. Sebut saja kondisi pandemi yang tiba-tiba melanda di seluruh dunia. Virus Covid-19 tentu mengguncang sebagian besar wirausaha, terutama yang tidak cepat melakukan adaptasi dan inovasi. Perusahaan-perusahaan besar bahkan sampai melakukan PHK massal dan terjadi resesi global. Contoh ketidak pastian yang dialami oleh wirausaha adalah perihal masa berakhirnya Covid-19 dan perubahan gaya hidup masyarakat. Jika sudah dihadapkan dengan ketidak pastian ini, wirausaha memiliki dua pilihan, yakni pasrah dengan keadaan yang tidak pasti atau berusaha untuk menyelamatkan diri dengan bersahabat dengan ketidak pastian. Akibat pandemi, wirausaha diminta untuk lebih inovatif dan menciptakan bisnis yang lebih sustain. Sejatinya selain pandemi, inovasi memang diperlukan bisnis terlebih bagi industri dengan banyak pesaing yang minim pembeda.

2. Berani mengambil risiko

Bersahabat dengan ketidak pastian artinya juga berani mengambil risiko. Sebab ketika dihadapkan dengan suatu hal yang tidak pasti, artinya ada beragam risiko yang mungkin dihadapi pula. Risiko yang mungkin dihadapi misalnya produk tidak diterima oleh pasar, inovasi gagal, dan tidak mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Namun, selain risiko buruk tersebut ada pula hal baik atau menguntungkan yang mungkin didapatkan jika seorang wirausaha mau untuk terus berusaha dan berani mengambil risiko.

3. Beroritentasi ke depan

Seorang wirausaha harus memikirkan bagaimana bisnis dapat bertahan dalam jangka panjang, bukan sekadar ikut-ikutan tren yang kemungkinan hanya bertahan dalam jangka pendek. Apabila wirausaha dapat berorientasi ke depan, artinya mereka tidak hanya memikirkan bagaimana bisnis dapat menguntungkan bagi pemiliknya, tetapi juga bagi masyarakat luas.

4. Berusaha mengoptimalkan peluang

Karakter wirausaha ini mengindikasikan bahwa seorang wirausaha selalu melihat peluang di berbagai situasi. Tentunya harus tetap memikirkan etika bisnis dan kesejahteraan masyarakat sekitar tidak asal mencari keuntungan. Peluang tidak hanya berasal dari tren, tetapi bisa juga dari masalah sehari-hari sehingga memunculkan sebuah solusi yang bisa dijadikan bisnis.

Baca juga Kontribusi Tourist Attraction terhadap Peluang Usaha Mini Market

Jenis-Jenis Organisasi

  1. For-profit Organization: Organisasi yang bertujuan untuk mencari keuntungan semaksimal mungkin.
  2. Non-profit Organization: Organisasi yang tidak mengejar keuntungan melainkan melayani masyarakat atau mendukung hal tertentu sebagai bagian dari misi organisasi tersebut.

Tujuan sebuah Bisnis (The Goal of Business)

1. Menghasilkan barang atau jasa dengan biaya yang lebih rendah dari pesaing yang sudah ada di pasar.

2. Mendapatkan keuntungan dari bisnis melalui permintaan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan, menarik minat konsumen, dan menjaga biaya tetap rendah.

Capai Tujuan Bisnis dengan Integrasi Sistem ERP

Wirausaha akan lebih mudah mencapai tujuan bisnisnya jika memiliki manajemen bisnis yang baik. Fundamental dalam manajemen bisnis mencakup beberapa departemen berbeda yang perlu kontrol dan pengawasan agar dapat berjalan secara efisien dan efektif. Integrasi sistem ERP pada sebuah perusahaan akan membantu perusahaan mencapai tujuan tersebut sebab pemilik maupun PIC (person in charge) dapat mengecek kinerja tiap departemen dari back office. Karenanya, penting untuk memilih software ERP yang sudah mencakup berbagai fungsi seperti ERZAP ERP. ERZAP ERP menyediakan modul-modul bisnis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Berikut beberapa peran ERZAP dalam membantu perusahaan mengawasi manajemen bisnis.

  1. Pembuatan laporan Akunting otomatis
  2. Pengecekan persediaan stok barang di berbagai outlet dan gudang
  3. Pencatatan transaksi jual beli melalui software POS
  4. Pengaturan promosi jangka pendek maupun panjang secara otomatis
  5. Perencanaan program loyalitas konsumen untuk mendukung CRM
  6. Dan masih banyak lagi

Cari tahu lebih lanjut manfaat ERP bagi bisnis di sini

Daftar melalui tombol di bawah.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Fitur Multi Satuan Erzap

08-07-2021 - Dibaca: 5415 kali.
Erzap kini telah merilis fitur Multi Satuan yang dapat mempermudah anda untuk mengelola Stok Barang yang memiliki banyak satuan untuk satu produk. Fitur ini cocok digunakan untuk anda yang membeli barang dalam satuan besar dan dijual kembali dalam satuan kecil seperti yang ditemukan di usaha Grosir, Pengecer, atau Agen.
Baca selengkapnya...

Menjelajahi Bali dengan Travel Guide: Jadikan Perjalanan Anda Tak Terlupakan

03-10-2023 - Dibaca: 633 kali.
Bali, surga tersembunyi di Indonesia, telah menjadi destinasi mimpi bagi para petualang. Kecantikan alamnya yang memukau, kekayaan budayanya, dan keramahan penduduknya menjadikan Bali tidak hanya sebagai destinasi wisata biasa, tetapi juga pengalaman yang mendalam dan transformatif.
Baca selengkapnya...

Tutorial Fitur Stock Opname pada Erzap

12-11-2019 - Dibaca: 4639 kali.
Kesulitan Stock Opname ?? Tenang, Sistem kami bisa bantu proses Stock Opname di outlet Anda, lebih cepat, lebih akurat
Baca selengkapnya...

Membuat Data Pegawai pada Erzap

15-06-2020 - Dibaca: 8163 kali.
Pendataan Pegawai juga penting untuk kebutuhan informasi operasional dan penggajian khususnya pada Usaha Menengah sampai Enterprise. Pendataan ini tentunya akan cukup sulit dikelola dan diakses bila masih dilakukan secara manual tanpa bantuan Sistem Informasi dan Teknologi. Maka untuk mempermudah proses pendataan Pegawai, Erzap menciptakan fitur Manajemen Data Pegawai dimana pada fitur ini anda dapat menginput informasi seputar Pegawai pada Perusahaan anda. Pada Tutorial kali ini kami akan menjelaskan cara mengelola Data Pegawai pada Sistem ERP Erzap.
Baca selengkapnya...

Tutorial Hutang Beban Erzap ERP

27-03-2024 - Dibaca: 810 kali.
Fitur Hutang Beban memungkinkan pengguna untuk mencatat transaksi hutang yang bukan berasal dari transaksi pembelian dan bersifat beban, tanpa menambah nilai kas atau bank secara langsung. Dengan fitur Hutang Beban Erzap ERP, pengguna memiliki kemampuan untuk mencatat dan mengelola transaksi hutang yang bukan berasal dari pembelian barang atau jasa, namun merupakan beban bagi perusahaan. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk memantau dan mengelola kewajiban keuangan perusahaan Anda dengan lebih efisien
Baca selengkapnya...

Ingin Membuka Bisnis? Pahami Beberapa Fundamental Bisnis berikut! - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Bisnis, Tujuan Bisnis, Stratgei Bisnis, Fundamental Bisnis

Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum menjalankan bisnis. Temukan fundamental bisnis di sini!