Tingkatkan Produktivitas Karyawan untuk Kelangsungan Bisnis Anda

17-02-2022 10:54:20, Dibaca: 1954

TINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN UNTUK KELANGSUNGAN BISNIS ANDA

Mengapa Karyawan Perlu Diperhatikan?

Sumber daya manusia termasuk ke dalam sumber daya yang paling penting dalam sebuah bisnis selain modal dan material. Karyawan yang kurang produktif dan tidak memiliki motivasi akan memiliki pengaruh yang kurang baik terhadap kelangsungan bisnis Anda. Terlebih dari segi biaya karena turnover karyawan yang tinggi dapat membuat Anda rugi apabila Anda sudah mengeluarkan biaya untuk training dan program pengembangan skill lainnya. Berikut ini kami berikan tips-tips agar karyawan Anda semakin produktif.

Baca juga: Intip 5 Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan agar Bisnis Anda tetap Jaya!

5 Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan untuk Bisnis Anda

1.    Ajak Karyawan Terlibat dalam Diskusi

Anda sering kehabisan ide untuk melakukan inovasi produk? Mungkin sudah saatnya Anda mengajak karyawan Anda untuk ikut mengembangkan bisnis Anda. Dorong karyawan Anda untuk mengutarakan ide atau pendapat, terutama karyawan dari bagian marketing yang sering bersentuhan langsung dengan klien. Sering-seringlah bertanya kepada karyawan Anda dan cobalah untuk bersikap terbuka terhadap saran dari mereka.


2.    Sering Mengapresiasi Karyawan

Jika Anda tidak terbiasa memberikan affirmation words kepada orang lain. Anda dapat memulainya dari hal kecil, seperti mengucapkan terima kasih. Kemudian berkembang menjadi memberikan dukungan semangat, pujian lalu rewards sebagai bentuk penghargaan. Tidak hanya pelanggan, karyawan juga membutuhkan rewards untuk menjaga loyalitasnya agar turnover karyawan tidak tinggi. Namun, perlu diperhatikan agar hubungan antara Anda dan karyawan tidak sekadar take and give.   

3.    Pastikan Lingkungan Kerja Kondusif dan Baik

Dimanapun kita berada, lingkungan memberikan dampak yang cukup besar terhadap diri kita. Sama seperti lingkungan kerja, jika lingkungan kerja penuh dengan tekanan dan persaingan tidak sehat, karyawan akan merasa tidak betah dan hal ini dapat menyebabkan turnover karyawan yang tinggi. Lingkungan yang baik akan membuat karyawan lebih nyaman dan dapat bekerja lebih produktif. Hal ini berhubungan pula dengan perlakuan Anda terhadap karyawan, pastikan Anda memberikan perlakuan yang adil sesuai kinerja karyawan dan memberikan perhatian terhadap karyawan dalam lingkup kerja.

4.    Bangun Keakraban dengan Karyawan

Salah satu practice dari The Five Practices of Exemplary Leadeship adalah Celebrate the Values and Victories by Creating a Spirit of Community. Tips nomor keempat ini berkaitan dengan practice tersebut. Contoh kegiatan yang dapat Anda lakukan, seperti mengadakan kegiatan berupa makan bersama, bermain games, ataupun melakukan outbond dengan karyawan untuk menciptakan bonding.

5.    Training dan Evaluasi

Dilansir dari riliv ada beberapa alasan yang membuat seseorang menjadi produktif baik disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Untuk itu, Anda perlu melakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui apa yang menjadi kendala karyawan Anda karena Anda harus mengetahui akar permasalahannya. Selain itu, dengan evaluasi Anda dapat bertukar pikiran dengan karyawan Anda dan kemudian Anda akan lebih mudah menentukan training apa yang cocok untuk minat dan bakat karyawan Anda agar kinerjanya lebih maksimal.

Setelah mengetahui 5 tips meningkatkan produktivitas karyawan, ada lagi hal yang perlu Anda perhatikan. Tidak lain dan tidak bukan ialah gaji pegawai. Bagi sebagaian besar karyawan, gaji menjadi hal penting yang dapat memotivasi mereka untuk bekerja. Untuk itu, penting bagi Anda untuk membayar gaji karyawan dengan tepat waktu. ERZAP memiliki fitur gajian 2.0 yang dapat menghemat waktu Anda dalam mengelola gaji pegawai sehingga dapat meminimalisir kemungkinan Anda telat membayar gaji karena adanya perhitungan yang panjang dan rumit.

KELOLA HR DENGAN SISTEM ERZAP

1. Payroll Erzap

Dengan modul gaji ERZAP, Anda dapat menghemat waktu ketika mengurus gaji pegawai karena ERZAP dapat memproses gaji pegawai termasuk berbagai komponen gaji, seperti:

  • Denda
  • Upah lembur
  • Sisa kasbon
  • Tunjangan
  • BPJS Kesehatan
  • dan komponen lainnya yang dapat disesuaikan ddengan kebutuhan Anda.

Komponen-komponen tersebut tercatat otomatis di sistem ERZAP dan proses penggajian dapat dibedakan berdasarkan divisi atau outlet. Langkah selanjutnya setelah Anda memasukkan data komponen gaji, Anda tinggal mencetak slip gaji. Seluruh rangkaian ini dapat Anda lakukan dalam waktu singkat karena setiap data sudah tersinkronisasi. Penghitungan gaji juga dapat diatur berdasarkan jam atau harian sesuai aturan di tempat Anda.

2. Atur Data Pegawai secara Terperinci

Menginput data pegawai adalah langkah pertama yang akan Anda lakukan sebelum mengurus gaji pegawai. Anda dapat mengelompokkan pegawai berdasarkan kategori. Namun, sebelum langsung membuat data pegawai, sebaiknya Anda membuat data gaji lainnya terlebih dahulu untuk memudahkan Anda dalam mendata pegawai dan menentukan gaji mereka. Data-data tersebut, antara lain divisi pegawai, kelompok gaji, dan shift. Anda dapat menemukan tutorial menggunakan fitur Gajian 2.0 ERZAP secara lebih lengkap di sini. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai ketiga data tersebut.

  • Divisi Pegawai: mengatur kategori pegawai menurut departemennya. Dalam membuat data divisi pegawai Anda cukup menginputkan nama divisi serta keterangan tambahan.

  • Kelompok Gaji: Anda dapat mengelompokkan gaji pegawai berdasarkan aspek apapun selain dari divisinya. Pengelompokkan tersebut dapat Anda sesuaika kembali dengan struktur organisasi maupun kebutuhan Anda.

  • Shift: ada beberapa fitur yang dapat Anda gunakan berkaitan dengan shift, antara lain:

    • Perhitungan Denda OtomatisJika pegawai Anda telat melakukan absensi, secara otomatis akan ada denda yang dikenakan. Anda tidak perlu menghitung denda setiap pegawai secara manual karena sistem ERZAP akan menghitungnya secara otomatis dan dikurangi dari gaji pokok pegawai.

    • Perhitungan Lembur Otomatis: Ketika ada pegawai yang bekerja melewati jam kerja atau jam absen keluar, sistem akan otomatis menghitungnya sebagai upah lembur. Upah lembur dapat Anda tentukan ketika mengisi data Absensi. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu menghitung gaji pokok dengan gaji lembur secara terpisah karena setiap gajian datanya sudah terakumulasi.

    • Approval Lembur: Apabila Anda hendak menolak lembur yang diajukan pegawai karena sebab tertentu, Anda cukup menggunakan fitur ini sehingga gaji lembur pegawai tidak cair bersama gaji pokoknya.

3. Aplikasi Absensi Erzap Teams

Ketika pegawai menggunakan Erzap Teams untuk melakukan absensi, data absen pegawai akan tersinkronisasi dengan modul gaji pegawai sehingga dapat memudahkan Anda untuk menentukan besaran gaji yang harus Anda bayar berdasarkan absensi mereka. ERZAP memiliki fitur QR Code dan GPS agar pegawai Anda dapat melakukan absensi saat WFH ataupun WFO. Dengan QR Code dan GPS ini, Anda dapat meminimalisir adanya karyawan yang melakukan kecurangan saat proses absensi  Anda juga dapat memeriksa kinerja masing-masing pegawai melalui Back Office ERZAP. Baca lebih lanjut tentang absensi pegawai di sini.

4. Komisi Sales

Fitur komisi sales pada ERZAP akan mempermudah Anda maupun bagian keuangan dalam mengelola komisi sales, baik dengan nilai tetap maupun persentase. Saat ini ada dua jenis komisi yang dapat Anda pilih, yakni total faktur dan total laba. Ketika Anda ingin melihat rekap komisi sales, Anda dapat memilih berdasarkan outlet, sales dan status transaksi. Cek di sini untuk melihat fitur komisi sales ERZAP..

 

ATUR GAJI PEGAWAI DALAM WAKTU SINGKAT DENGAN ERZAP

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Jangan Salah, Ini Perbedaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

02-10-2022 - Dibaca: 3230 kali.
UMKM memiliki kriterianya masing-masing. Termasuk usaha manakah bisnis Anda? Cari tahu lebih lanjut di sini.
Baca selengkapnya...

Fitur Promosi Erzap

02-11-2020 - Dibaca: 5149 kali.
Fitur Promosi Erzap ERP yang mendukung bisnis anda untuk dapat mengelola Promosi melalui Sistem. Promosi atau yang lebih dikenal dengan istilah Promo adalah upaya memasarkan produk dengan cara komunikatif ataupun persuasif sehingga calon konsumen lebih tertarik membeli produk Anda dibanding produk kompetitor. Promosi ini bertujuan untuk menciptakan ketertarikan masyarakat menggunakan produk yang ditawarkan serta meningkatkan penjualan.
Baca selengkapnya...

Penggunaan Hutang Lain dan Piutang Lain ERZ4P

25-10-2018 - Dibaca: 10654 kali.
Hutang dan Piutang merupakan hal yang sudah tidak lazim lagi di dunia bisnis. Sistem ini dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik Kreditur maupun Debitur. Walapun menguntungkan, hutang dan piutang yang tidak terdata dalam sebuah usaha dapat menyebabkan kondisi keuangan kacau. Tetapi, bila menggunakan Erzap ERP, Anda tidak perlu khawatir akan masalah ini. Itu dikarenakan sistem Erzap ERP dapat melakukan pencatatan hutang dan piutang secara detail. Jadi pada sistem Erzap ERP, anda dapat menyusun secara terstruktur, menulusuri histori, dan menganalisa data hutang dan piutang dalam bisnis yang anda kelola.
Baca selengkapnya...

Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Studio Musik

29-05-2018 - Dibaca: 7820 kali.
Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Studio Musik
Baca selengkapnya...

Rahasia Penjualan Stabil, Yuk Cari Tahu tentang Customer Retention!

08-08-2022 - Dibaca: 1622 kali.
Customer retention sangat penting bagi kelangsungan bisnis. Namun, apakah Anda sudah tahu manfaat customer retention beserta tipsnya? Yuk, simak penjelasannya di artikel ini!
Baca selengkapnya...

Tingkatkan Produktivitas Karyawan untuk Kelangsungan Bisnis Anda - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

HR, Human Resource Management, HRM, Human Resource, HRD, Staff, Karyawan

Karyawan adalah bagian penting dari sebuah bisnis. Untuk itu, intip tips-tips berikut ini agar bisnis Anda semakin berkembang!