Impact Krisis Eropa Pada Financial Report di Indonesia

21-10-2022 16:29:46, Dibaca: 504

                     

Financial Report (Laporan Keuangan)

Financial Report (Laporan keuangan) secara umum merupakan hasil akhir dari proses pencatatan transaksi keuangan suatu perusahaan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan tersebut pada satu periode akuntansi dan merupakan gambaran umum mengenai kinerja suatu perusahaan. Berdasarkan dari sudut pandang yang berbeda laporan keuangan merupakan produk akhir proses akuntansi suatu perusahaan dalam satu periode tertentu yang didalamnya terdapat informasi yang merupakan hasil pengumpulan dan pengolahan data keuangan, dengan tujuan untuk membantu perusahaan membuat keputusan atau kebijakan yang tepat. 

Proses penyusunan financial report menggunakan berbagai sumber data, mulai dari faktur, bon, nota kredit, laporan, bank dan lain sebagainya. Semua data asli transaksi keuangan tersebut digunakan untuk mengisi buku perkiraan dan sebagai bukti keabsahan transaksi.

Baca juga Ingin Tahu Mengenai Laporan Laba Rugi?

Bagaimana Perkembangan Financial Report Perusahaan di Indonesia

Saat ini perekonomian sedang diguncang karena adanya "Krisis Eropa" akibat dari perang Ukraina dengan Russia. Krisis Eropa di Indonesia turut berdampak pada stabilitas roda perekonomian. Salah satu dampaknya adalah melambatnya perekonomian Indonesia maupun global dari tahun 2021. Kondisi perekonomian dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan sangat bergantung kepada informasi dan kejadian yang terjadi dalam lingkungan bisnis. Pelambatan ini berpengaruh signifikan pada aktivitas bisnis. Semua tindakan pencegahan ini membuat perekonomian Indonesia dan bahkan ekonomi dunia melambat secara signifikan.

Dalam menilai kondisi masa depan, entitas mempertimbangkan berbagai informasi relevan yang tersedia, termasuk dampak krisis eropa akibat perang Ukraina dengan Russia serta kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk mendukung dan memitigasi dampak krisis eropa pada perekonomian Indonesia. Besaran risiko dan kemungkinan terjadinya sangat bergantung pada entitas dan kemampuannya untuk mengidentifikasi dengan mengacu pada informasi signifikan yang diperolehnya. 

Entitas harus mempertimbangkan dengan hati-hati sifat dan tingkat pengungkapan yang perlu dimasukkan dalam laporan keuangan dalam kaitannya dengan krisis eropa dalam rangka memberikan informasi kepada pengguna laporan keuangan atas risiko yang timbul dari instrumen keuangan.

Impact Krisis Eropa Terhadap Financial Report Perusahaan

Banyak perusahaan yang mengkhawatirkan laporan keuangan 2021-2022 karena ekonomi yang melambat akibat Krisis Eropa adanya perang Ukraina dengan Russia. Krisis Eropa dapat berdampak signifikan terhadap laporan keuangan 2022 terutama dalam berbagai aspek yaitu Dampak perubahan kurs pada laporan keuangan. Kurs rupiah yang melemah terhadap dollar selama Krisis Eropa ini dapat mempengaruhi laporan keuangan apabila perusahaan terpapar risiko kurs terutama bila perusahaan memiliki utang/piutang dalam mata uang dollar dan tidak melakukan lindung nilai. 

Erzap Terhadap Financial Report Perusahaan di Indonesia

Dalam strategi mengelola financial report (laporan keuangan) perusahaan melalui Erzap, ERZAP ERP telah dilengkapi oleh software Akunting yang sesuai dengan SAK (Standar Akuntansi Keuangan) untuk membantu proses pembukuan dan laporan keuangan perusahaan anda. Tentunya dengan menggunakan layanan sistem ERP, Erzap, perusahaan dapat lebih cepat dalam mendapatkan berbagai informasi mengenai laporan keuangan khsusnya informasi pergerakan atau perkembangan pelaporan keuangan di perusahaan anda. Menggunakan Erzap dalam mengelola laporan keuangan dalam perusahaan anda yang dilengkapi dengan fitur akuntansi terintegrasi yang mencatat seluruh aktivitas keuangan secara otomatis, seperti dari pembelian stok, manajemen stok, hingga penjualan produk semua akan tercatat secara otomatis oleh fitur akuntansi yang terintegrasi ini, tentunya akan sangat membantu dalam mengelola perkembangan bisnis dalam perushaan anda. 

                                                      

Ketahui juga Konsep Debet dan Kredit dalam Transaski Usaha “Dasar Akuntansi”

Ingin manajemen perusahaan Anda menjadi lebih efisien dan efektif? Daftar sekarang dengan klik tombol Registrasi di bawah ini!

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Penambahan Topping untuk Menu pada ERZAP RESTO

23-01-2019 - Dibaca: 4802 kali.
Setiap Customer, tepatnya menyangkut tentang hidangan, tentu memiliki selera tersendiri. Itu sebabnya beberapa Restoran menyediakan Hidangan dengan pilihan mempersonalisasi hidangan tersebut sesuai selera Customer yang juga dikenal sebagai Topping ( Adds-On ). Contohnya seperti memberi penawaran hidangan dengan Ekstra Keju, Ekstra Telur, atau Ekstra Saus. Tetapi, Penambahan Topping ini tentunya akan dikenakan biaya tambahan juga.
Baca selengkapnya...

Sinkronisasi GrabMart

21-03-2022 - Dibaca: 4853 kali.
Punya Toko di GrabMart? Sudah pakai Erzap? Good! Kalo begitu anda sudah siap untuk kelola Toko-toko pada GrabMart via Erzap? Check this Tutorial out!
Baca selengkapnya...

Tutorial Fitur Izin Cuti & Libur Erzap ERP

07-12-2023 - Dibaca: 196 kali.
Sebagai sistem ERP (Enterprise Resource Planning) Erzap memiliki peran yang penting dalam mendukung manajemen cuti karyawan. Fitur Izin cuti dan libur memberikan kemudahaan kepada perusahaan untuk mengelola secara efisien proses pengajuan cuti. Berikut adalah Tutorial fitur izin cuti dan libur Erzap ERP.
Baca selengkapnya...

Fitur Deposit Pelanggan

31-07-2020 - Dibaca: 3203 kali.
Melancarakan Inovasi Tanpa Henti ! Kini Erzap telah mengembangkan Modul CRM dengan menambahkan fitur Deposit Pelanggan. Fitur ini berfungsi untuk menginputkan nilai deposit yang dapat diakumulasi dan digunakan oleh Pelanggan anda untuk bertransaksi.
Baca selengkapnya...

Menggunakan Fitur Stok Masuk

27-07-2018 - Dibaca: 5996 kali.
Stok masuk merupakan proses penyesuaian stock dengan menambahkan kuantiti barang. Hal ini sama halnya dengan proses Penyesuaian Stok namun lebih spesifikasi pada penambahan kuantiti suatu barang / item.
Baca selengkapnya...

Impact Krisis Eropa Pada Financial Report di Indonesia - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

financial report, krisis eropa, perkembangan financial report, ilmu akuntansi, akuntansi indonesia, belajar akuntansi, akuntansi bisnis

Financial Report (Laporan keuangan) secara umum merupakan hasil akhir dari proses pencatatan transaksi keuangan suatu perusahaan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan tersebut pada satu periode akuntansi dan merupakan gambaran umum mengenai kinerja suatu perusahaan. Berdasarkan dari sudut pandang yang berbeda laporan keuangan merupakan produk akhir proses akuntansi suatu perusahaan dalam satu periode tertentu yang didalamnya terdapat informasi yang merupakan hasil pengumpulan dan pengolahan data keuangan, dengan tujuan untuk membantu perusahaan membuat keputusan atau kebijakan yang tepat.