Tutorial Pengiriman Barang Erzap

04-11-2019 15:50:21, Dibaca: 3788


Beberapa pengusaha memperluas pasar dengan memperluas segmentasi geografis bisnisnya, biasanya dengan membuka cabang. Tetapi membuka cabang baru untuk memperluas pasar bukan hal yang mudah. Cara alternatif, namun efektif adalah dengan penerimaan penjualan untuk customer diluar kota menggunakan metode pengiriman barang yang disediakan oleh Jasa Ekspedisi.

Metode ini dapat diterapkan pada berbagai macam jenis usaha dagang. Namun, walapun kelihatannya praktis, Anda harus dapat memonitor pergerakan barang yang akan dikirim. Tentunya perlu sebuah pencatatan. Untuk pengguna Erzap, mereka tidak akan kesulitan untuk memonitor pergerakan barang karena pada Sistem Kasir & Akunting ini, memiliki Modul Pengiriman Barang. 

Pada Tutorial ini kami akan membahas dan menjelaskan penggunaan Modul Pengiriman.

Tahapannya antara lain :

A. Mengaktifkan Modul Pengiriman Barang 

B. Membuat Data Ekspedisi

C. Membuat Penjualan dengan Pengiriman Barang

D. Memproses Pengiriman Barang

 

NOTEUntuk menginputkan Resi Ekpedisi anda dapat melihat Tutorialnya disini

 


A. Mengaktifkan Modul Pengiriman Barang


Untuk dapat digunakan, Modul Pengiriman harus diaktifkan terlebih dahulu pada General Setting

1. Akses Administator > General Setting 

2. Pada option setting , centang Modul Pengiriman Barang

3. Lalu klik ikon disket untuk menyimpan pengaturan 


B. Membuat Data Ekspedisi


Ekspedisi atau Jasa Kirim Barang wajib tercatat pada Data Pengiriman Barang. Jadi sebelum dapat membuat data pengiriman anda diharuskan untuk membuat data Ekspedisi.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Akses Data Master > Ekspedisi > Buat Baru

2. Inputkan nama Ekspedisi yang anda gunakan

3, Simpan data dengan mengklik ikon disket

4. Bila berhasil tersimpan, data akan tampil pada manajemen data ekspedisi. 


C. Membuat Penjualan dengan Pengiriman Barang


Agar sistem mencatat otomatis data pengiriman barang, anda diwajibkan untuk memilih pengiriman barang pada saat membuat faktur penjualan, penjelasannya sebagi berikut :

1. Akses Penjualan > Faktur Penjualan > Buat Baru

2. Isikan kolom outlet gudang dan termin

3. Masukan Data Pelanggan dan Centang barang dikirim

4. Akan muncul kolom untuk mengisi informasi pengiriman barang. Lalu tekan OK untuk menkonfirmasi data pengiriman barang

5. Selanjutnya inputkan data barang yang akan dijual.

6. Masukan ongkos kirim pada panel dibagian bawah kanan

7. Simpan data transaksi. Bila berhasil Nota akan tampil

8. Berikut adalah Jurnal yang tercatat otomatis dari Penjualan yang sudah diinputkan

 


D. Memproses Pengiriman Barang


Setelah Membuat Penjualan dengan Pengiriman Barang. Data Pengiriman akan otomatis tercatat dan siap diproses. Untuk memproses Pengriman Barang berikut penjelasannya :

1. Akses Inventori >  Pengiriman Barang > Proses

2. Klik Kirim Barang pada data yang hendak anda proses pengiriman barangnya.

3. Form Pengiriman Barang akan muncul

4. Masukan informasi pada kolom kolom kolom yang tersedia.

5. Inputkan jumlah barang sesuai dengan barang yang dikirim.

6. Klik ikon disket untuk menyimpan data.

7. Bila penyimpanan sukses, maka Data Pengiriman akan muncul pada Daftar Pengiriman Barang

8. Lalu surat jalan dapat diterbitkan dengan mengklik Kode Pengiriman Barang pada Daftar tersebut.

NOTE : Bila Resi sudah diterbitkan oleh pihak Ekspedisi anda dapat menginputkannya ke Penjualan bersangkutan. Lihat caranya disini


Sekian tutorial " Tutorial Pengiriman Barang Erzap " dari kami dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

Belum menggunakan Erzap? Coba Gratis sekarang!

MANAJEMEN SERIAL NUMBER/IMEI UNTUK TOKO HANDPHONE & ELEKTRONIK

24-01-2018 - Dibaca: 10107 kali.
Pencatatan Serial Number memiliki manfaat signifikan bagi toko handphone. Pencatatan Serial Number membantu toko untuk memantau inventaris perangkat seluler yang dijual. Dengan memiliki catatan Serial Number untuk setiap perangkat, toko dapat dengan mudah melacak dan mengelola stoknya, menghindari kehilangan atau kebingungan terkait inventaris. Erzap ERP menawarkan fitur manajemen Serial Number untuk membantu perusahaan dalam melacak dan mengelola inventaris perangkat dengan efisien. Dengan fitur ini, perusahaan dapat dengan mudah mencatat dan memantau setiap Serial Number atau IMEI dari perangkat yang dimiliki. Hal ini memudahkan dalam pelacakan stok, meminimalkan risiko kehilangan atau kebingungan inventaris, serta meningkatkan akurasi data.
Baca selengkapnya...

Pendistribusian Minyak Kutus-Kutus dengan Sistem Erzap

03-10-2018 - Dibaca: 7652 kali.
Tanpa kehadiran distributor, outlet outlet anda pasti akan sulit untuk melakukan pengadaan barang, karena distributor adalah jembatan penghubung antara usaha anda dan pabrik. Menjadi distributor bukan hal yang mudah untuk dilakukan, terutama di bagian pendataan dan pembukuan. Anda memerlukan sebuah sistem untuk menghandle pendataan dari segala kegiatan yang ada seperti pengadaan, penjualan, monitoring stok, dan pembukuan. Tetapi dengan menggunakan Sistem ERZAP, Distributor tidak perlu risau, karena dengan penerapan Sistem ERZAP dapat mempermudah anda dalam melakukan pendataan kegiatan tersebut
Baca selengkapnya...

Fitur Promosi Erzap

02-11-2020 - Dibaca: 4450 kali.
Fitur Promosi Erzap ERP yang mendukung bisnis anda untuk dapat mengelola Promosi melalui Sistem. Promosi atau yang lebih dikenal dengan istilah Promo adalah upaya memasarkan produk dengan cara komunikatif ataupun persuasif sehingga calon konsumen lebih tertarik membeli produk Anda dibanding produk kompetitor. Promosi ini bertujuan untuk menciptakan ketertarikan masyarakat menggunakan produk yang ditawarkan serta meningkatkan penjualan.
Baca selengkapnya...

Kenali Pajak Masukan dan Pajak Keluaran!

07-08-2022 - Dibaca: 1218 kali.
Pajak Masukan yang merupakan pajak yang seharusnya sudah dibayar oleh PKP atas perolehan barang/jasa kena pajak, pemanfaatan BKP (Barang Kena Pajak) tidak berwujud dari luar daerah, dan impor BKP dalam masa pajak tertentu. Secara mekanisme pengkreditan pajak masukan membuat PKP yang dapat mengkreditkan pajak yang telah dibayar atas perolehan barang dan jasa dengan pajak keluaran yang dipungut ketika melakukan penyerahan barang. Sedangkan Pajak Keluaran merupakan pajak terutang yang wajib dipungut oleh PKP saat menyerahkan barang/jasa kena pajak, ekspor barang kena pajak berwujud/tidak berwujud, dan ekspor jasa kena pajak.
Baca selengkapnya...

Fitur Approval ERZAP ERP

14-03-2024 - Dibaca: 431 kali.
Fitur Approval adalah mekanisme yang digunakan dalam berbagai platform dan sistem untuk memastikan bahwa suatu tindakan atau perubahan telah disetujui oleh pihak yang berwenang. Dalam konteks bisnis, fitur ini membantu dalam menjaga kontrol kualitas dan memastikan bahwa keputusan atau langkah-langkah yang diambil telah melalui proses evaluasi yang tepat sebelum diterapkan.
Baca selengkapnya...

Tutorial Pengiriman Barang Erzap - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

program pengiriman barang ekspedisi

Beberapa pengusaha memperluas pasar dengan memperluas segmentasi geografis bisnisnya, biasanya dengan membuka cabang. Tetapi membuka cabang baru untuk memperluas pasar bukan hal yang mudah. Cara alternatif, namun efektif adalah dengan penerimaan penjualan untuk customer diluar kota menggunakan metode pengiriman barang yang disediakan oleh Jasa Ekspedisi.