Mudah Kelola Bisnis dengan Sistem ERP

01-03-2022 10:36:29, Dibaca: 1970

MUDAH KELOLA BISNIS DENGAN SISTEM ERP

Perkembangan Sistem ERP

Mengutip dari Sasanadigital, Konsep ERP dipercaya mulai berkembang di tahun 1960-an dengan modul yang sangat terbatas sebelum kemudian berkembang menjadi MRP dan MRP-II pada tahun 1970-1980. Nama ERP disebut pertama kali di tahun 1990 seiring dengan berbagai fitur yang lebih kompleks. Ketika penggunaan internet mulai marak dimulai pada tahun 2000-an, sistem ERP sudah terintegrasi antar divisi dan outlet sehingga setiap orang yang memiliki akses dapat menggunakan sistem ERP di mana pun. Berikut ini pembahasan manfaat ERP lebih lanjut.

Table of Contents :

1. Tidak Terbatas oleh Ruang dan Waktu

2. Hemat Waktu dan Biaya

3. Efisiensi dan Efektivitas Meningkat

4Laporan yang Cepat, Lengkap, dan Terperinci

 

Mengapa Harus Menggunakan Sistem ERP?

1.    Tidak Terbatas oleh Ruang dan Waktu

Ketika menggunakan sistem ERP, hampir seluruh data bisnis sudah terintegrasi dalam satu sistem sehingga Anda dapat mengeceknya tanpa perlu repot-repot datang untuk mengecek secara manual. Anda cukup mengakses back office dalam satu device untuk mengawasi perkembangan masing-masing divisi, outlet, dan gudang.

2.    Hemat Waktu dan Biaya

Dengan menggunakan sistem ERP, Anda dapat menghemat waktu untuk pekerjaan-pekerjaan yang sebenarnya dapat digantikan oleh sistem. Misalnya pengecekan inventaris, perhitungan gaji dan komisi, pengaturan promosi toko dan lainnya.


 

3.    Efisiensi dan Efektivitas Meningkat

Berkaitan dengan nomor dua, Anda dapat memanfaatkan waktu dan tenaga Anda secara lebih efisien dikarenakan tugas manual dapat dihilangkan sementara bagi pegawai Anda, sistem ERP akan memudahkan pekerjaan mereka terutama sistem ERP yang terintegrasi dengan sistem lainnya, seperti POS dan Akunting. Penggunaan sistem ERP juga membantu Anda untuk mewujudkan manajemen bisnis yang lebih efektif karena seluruh sumber daya dimanfaatkan dengan baik.


 

4.    Laporan yang Cepat, Lengkap dan Terperinci

Anda tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan laporan dari divisi yang berbeda karena Anda dapat mengeceknya sendiri melalui back office. Biasanya ketika Anda menggunakan sistem ERP, Anda juga dapat mengecek history pencatatannya dan siapa yang terakhir memperbaharui data. 

Baca juga: 5 Kesalahan Penggunaan ERP yang Sering Terjadi

KELOLA BISNIS DI MANA SAJA DENGAN ERZAP ERP

 

Ketika mencari sistem ERP, Anda perlu memastikan bahwa sistem ERP yang Anda gunakan telah mencakup semua kebutuhan manajemen bisnis Anda agar penggunaan ERP pada bisnis Anda dapat lebih optimal. Contoh sistem ERP yang telah memenuhi kebutuhan dasar manajemen bisnis dan didukung oleh fitur tambahan adalah ERZAP ERP. Apa saja modul dan fitur yang tersedia di ERZAP? Berikut kami berikan beberapa sebagai gambaran.

1.    Terintegrasi dengan Mesin Kasir atau Sistem POS ERZAP

Sistem POS akan memudahkan kasir Anda dalam mencatat penjualan dan membantu bagian keuangan untuk membuat laporan per periode. Ketika internet Anda sedang bermasalah, Anda tetap dapat menggunakan sistem POS ERZAP karena saat internet Anda sudah kembali normal data penjualan dari sistem POS akan secara otomatis terekam di back office dan seluruh sistem ERP ERZAP. Fitur POS ERZAP, antara lain:

  • Fitur Nota Closing: merekam total penjualan per sesi kasir untuk meminimalisir kesalahan pencatatan keuangan. Lihat tutorial fitur nota closing ERZAP di sini.

  • Sesi Kasir: penjualan dicatat terpisah mengikuti shift kerja masing-masing kasir agar pencatatan penjualan per kasir lebih terukur.

  • Multi Kasir: fitur ini memudahkan Anda dalam melakukan monitoring terhadap aktivitas kasir di setiap mesin kasir. Khususnya bagi Anda yang memiliki kasir lebih dari satu agar jumlah kas di mesin kasir dan di sistem sinkron. Tutorial multi kasir dapat Anda temukan di artikel ini.

Berbagai fitur lainnya dapat Anda lihat di sini.

2.    Modul Pelanggan untuk Memudahkan Anda Melakukan CRM

ERZAP memiliki fitur CRM untuk membantu Anda dalam mewujudkan program loyalty pelanggan.  Dalam menyusun data pelanggan, Anda dapat memberikan kategori untuk pelanggan tertentu. Saat Kasir Anda mengirimkan nota via Whatsapp kepada pelanggan, data pelanggan tersebut juga secara otomatis tercatat di sistem ERZAP.

3.    Dilengkapi dengan Sistem Akunting 

Berbagai transaksi yang dilakukan oleh divisi yang berbeda akan saling terintegrasi secara otomatis dan memudahkan Anda ketika melakukan pembukuan dengan modul Akunting ERZAP yang telah sesuai dengan SAK (Standar Akuntansi Keuangan).

4.    Modul Inventori untuk Mengecek Persediaan Anda

Dengan modul inventori ERZAP, Anda dapat mengecek persediaan produk secara real-time. Berikut ini fitur-fitur Inventori ERZAP yang dapat Anda manfaatkan.

  • Multi Outlet dan Gudang: laporan dari outlet dan gudang yang berbeda saling terhubung sehingga ketika ada transfer stok atau perubahan stok, maka data di seluruh gudang akan otomatis berubah. Dengan demikian, Anda tidak perlu mendata ulang stok dari tiap outlet dan gudang secara manual.

  • Stok Opnam: fitur ini membantu Anda untuk mengecek informasi stok fisik dengan stok di sistem agar Anda tahu jika ada stok yang lebih maupun kurang. ERZAP memiliki fitur scan barcode dan formulir untuk melakukan pengecekan yang tinggal disesuaikan kembali dengan metode pengecekan Anda.

  • Stok Masuk : fitur ini dapat Anda gunakan untuk mendata stok yang masuk selain dari pembelian, misalnya bonus dari supplier Anda. Untuk tahu lebih lanjut, Anda dapat menemukannya di sini.

  • Stok Keluar : jika dalam bisnis Anda terdapat stok barang habis pakai ataupun barang yang sulit dihitung dengan satuan, fitur ini akan memudahkan Anda dalam mencatat stok barang tersebut. Terlebih jika bisnis Anda merupakan bisnis restoran. Temukan tutorialnya dengan membaca artikel ini.

5.    Modul Gaji Pegawai

Ketika Anda memproses gaji dengan sistem payroll ERZAP, Anda dapat menghitung gaji pokok bersama komponen gaji lain dalam satu waktu untuk divisi dan outlet yang berbeda. Perhitungan gaji juga dapat Anda sesuaikan dengan sistem kerja di tempat Anda, baik dihitung per jam maupun per hari. Lebih lanjut tentang fitur gajian ERZAP dapat Anda lihat di artikel ini.

DAFTAR SEKARANG AGAR MANAJEMEN BISNIS MENJADI LEBIH BAIK
Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

5 Kesalahan Promosi Bisnis yang Mungkin Tidak Disadari

04-06-2022 - Dibaca: 2273 kali.
Sudah sering promosi, tetapi produk belum laku juga? Ini beberapa kesalahan yang mungkin luput dari perhatian Anda.
Baca selengkapnya...

Mesin Kasir Biasa VS POS System, Mana yang Lebih Baik?

07-05-2022 - Dibaca: 1912 kali.
Ini alasan kenapa POS lebih baik dibandingkan mesin kasir konvensional, klik untuk tahu lebih lanjut
Baca selengkapnya...

3 Tips Jitu untuk Memulai Aplikasi Erzap

04-08-2017 - Dibaca: 16989 kali.
Untuk anda yang belum pernah menggunakan Erzap atau belum pernah menggunakan Sistem, kami akan menjelaskan 3 Tips Jitu atau langkah awal yang dapat anda lakukan untuk memperlihatkan bagaimana Erzap dapat membantu dan mempermudah anda dalam mengelola usaha anda.
Baca selengkapnya...

Menggunakan Fitur Stok Masuk

27-07-2018 - Dibaca: 6914 kali.
Stok masuk merupakan proses penyesuaian stock dengan menambahkan kuantiti barang. Hal ini sama halnya dengan proses Penyesuaian Stok namun lebih spesifikasi pada penambahan kuantiti suatu barang / item.
Baca selengkapnya...

Tutorial Instalasi Driver Printer Ethernet

06-09-2017 - Dibaca: 8703 kali.
Memasang driver printer yang menggunakan kabel Ethernet memang berbeda dari yang biasanya, oleh karena itu anda dapat mengikuti tutorial dibawah ini yang meliputi.
Baca selengkapnya...

Mudah Kelola Bisnis dengan Sistem ERP - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Sistem ERP, ERP, Software ERP, Manajemen Bisnis, Business Management, ERZAP ERP

Mengelola bisnis menjadi lebih mudah dan cepat dengan software ERP. Simak pembahasannya di artikel ini!