Tutorial Membuat Surat Penawaran Penjualan pada ERZAP

08-07-2023 17:02:18, Dibaca: 869

Tutorial Membuat Surat Penawaran Penjualan pada ERZAP

Surat penawaran penjualan merupakan hal yang penting dalam proses bisnis untuk mengajukan tawaran produk atau layanan kepada calon pelanggan atau pembeli. Dalam tutorial ini, kami akan membantu Anda dalam membuat surat penawaran penjualan dan langsung terintegrasikan ke penjualan maupun pesanan penjualan.

Fitur ini ditujukan kepada para pebisnis yang ingin meningkatkan efektivitas surat penawaran penjualan mereka. Tutorial ini bermanfaat bagi pemilik usaha. manajer penjualan, tim pemasaran atau siapa pun yang bertanggung jawab menyusun surat penawaran penjualan kepada pelanggan potensial.

Adapun isi tutorial sebagai berikut :

Daftar Isi : 
1. Membuat Penawaran Penjualan
2. Manajemen Data Penawaran Penjualan
3. Proses Penawaran Menjadi Penjualan atau Pesanan Penjualan

1. Membuat Penawaran Penjualan

Anda dapat akses menu Penjualan, pilih Penawaran Penjualan, lalu klik Buat Baru untuk membuat surat penawaran penjualan.

Anda akan masuk ke halaman Pembuatan Penawaran Penjualan, pada halaman ini Anda dapat membuat surat penawaran penjualan kepada calon pelanggan Anda dengan meng-isikan beberapa kolom seperti Tanggal Penawaran, Sales yang bertanggung jawab, Nama Pelanggan tersebut, Perihal Penawaran, dan Daftar Barang yang akan ditawarkan kepada calon pelanggan.

Note.
Ketika meng-isikan Nama Pelanggan, nomor telepon dan alamat akan terisikan otomatis sesuai dengan data pelanggan tersebut.
Untuk membuat data pelanggan baru, anda dapat tekan tombol Tambah disamping Nama Pelanggan atau bisa check tutorial berikut ini : Tutorial Pendaftaran Pelanggan

Note.
Anda dapat melihat informasi Penjualan Terakhir dari pelanggan tersebut, Anda juga dapat klik nomor Faktur dari Penjualan Terakhir tersebut untuk melihat Faktur Penjualan dari Penjualan Terakhir.

Ketika sudah meng-isikan beberapa kolom dari Pembuatan Penawaran Penjualan, klik icon Simpan

Anda akan diarahkan ke halaman Surat Penawaran, Anda dapat Print Surat Penawaran penjualan tersebut dengan klik icon Print, download ke bentuk .pdf dengan klik icon PDF, atau kirim ke email penerima dengan klik icon Email.


2. Manajemen Data Penawaran Penjualan

Anda dapat akses menu Penjualan, pilih Penawaran Penjualan, dan klik Manajemen Data untuk melihat data-data penawaran penjualan yang sudah dibuat.

Anda akan masuk ke halaman Data Penawaran Penjualan, Anda dapat mencari data surat penawaran penjualan melalui kolom Pencarian pada bagian kanan halaman. Anda juga dapat melihat atau mengedit surat penawaran penjualan tersebut dengan klik Lihat atau Edit.

Note.
Status dari data penawaran penjualan ada 4 yaitu :
1. Penawaran Baru
2. Penawaran Diproses ke Penjualan
3. Penawaran Diproses ke SO (Pesanan Penjualan)
4. Penawaran Dibatalkan

3. Proses Penawaran Menjadi Penjualan atau Pesanan Penjualan

Anda dapat akses menu Penjualan, pilih Penawaran Penjualan, lalu klik Manajemen Data untuk memproses penawaran penjualan.

Anda akan masuk ke halaman Data Penawaran Penjualan, untuk memproses penawaran penjualan Anda dapat klik Edit.

Anda akan masuk ke halaman Perubahan Penawaran Penjualan, dan untuk memproses penawaran penjualan Anda dapat klik Jadikan Pesanan Penjualan jika ingin diproses ke Pesanan Penjualan atau klik Jadikan Penjualan jika ingin diproses ke Penjualan.

Note.
Pada tutorial ini, kami akan memproses penawaran tersebut menjadi penawaran diproses ke penjualan.

Anda akan diarahkan kepada Pencatatan Transaksi Penjualan, Anda dapat mengecek kembali data-data penawaran penjualan yang Anda telah buat pada awal membuat surat penawaran penjualan.

Klik icon Simpan untuk langsung menuju proses pembayaran.

Pada Manajemen Data Penjualan dimana Anda dapat akses di menu Penjualan, pilih Faktur Penjualan, dan Manajemen Data. Anda dapat lihat bahwa tertera Nota Penawaran dari transaksi yang menggunakan penawaran penjualan.


Sekian artikel untuk Tutorial Membuat Surat Penawaran Penjualan pada ERZAP, Selamat mencoba! Gunakan fitur ini untuk memaksimalkan Efisiensi dan Efektifitas Bisnis anda!

Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

3 Tips Jitu untuk Memulai Aplikasi Erzap

04-08-2017 - Dibaca: 16677 kali.
Untuk anda yang belum pernah menggunakan Erzap atau belum pernah menggunakan Sistem, kami akan menjelaskan 3 Tips Jitu atau langkah awal yang dapat anda lakukan untuk memperlihatkan bagaimana Erzap dapat membantu dan mempermudah anda dalam mengelola usaha anda.
Baca selengkapnya...

Proses Gaji dengan Erzap

17-06-2020 - Dibaca: 8031 kali.
Gajian adalah momen yang paling ditunggu oleh pegawai pada perusahaan manapun. Momen yang umumnya terjadi sebulan sekali ini meliputi proses pembayaran upah atas pekerjaan yang telah dilaksanakan pegawai. Walaupun menyenangkan untuk para pegawai, kegiatan ini cukup rumit untuk bagian HRD/Personalia dan Akunting, terutama jika dilakukan secara manual tanpa bantuan Sistem. Sebab pada Perusahaan level menengah keatas, Gajian tidak hanya mencatat Gaji Pokok, namun juga Bonus, Uang Lembur, Tunjangan, Kasbon dan lain-lain. Untuk mempermudah proses penggajian pegawai, Erzap me-release fitur Penggajian Pegawai pada tahun 2018. Kini Erzap telah melakukan Update pada fitur Manajemen Data Pegawai dan juga fitur Penggajian untuk pencatatan pembukuan dan rekap yang lebih akurat dan lebih detail.
Baca selengkapnya...

Fitur Kasbon ERZAP

31-12-2018 - Dibaca: 9083 kali.
Pada Tutorial ini kami akan menjelaskan cara penggunaan fitur kasbon erzap, tutorial akan dibagi menjadi 3 bagian yaitu Menginputkan Kas Bon, Membayar Kas Bon lewat Manajemen Data Kas Bon, Membayar Kas Bon lewat Gaji Pegawai
Baca selengkapnya...

Mengatur Hutang Pembelian & Piutang Penjualan

12-01-2018 - Dibaca: 12228 kali.
Hutang adalah sesuatu yang dipinjam oleh seseorang atau badan usaha yang biasanya berbentuk materi, uang ataupun jasa.
Baca selengkapnya...

Tutorial Membuat Data Pesanan Via Pemindahan Barang

15-05-2023 - Dibaca: 1258 kali.
Pemindahan barang adalah suatu proses di mana barang dikirimkan dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Dalam konteks bisnis, pemindahan barang dapat digunakan untuk mengirimkan produk dari gudang ke toko atau dari toko ke pelanggan. Dalam tutorial ini akan membahas cara membuat data pesanan yang akan digunakan untuk pemindahan barang, Data pesanan ini akan berisi informasi tentang produk yang akan dipindahkan, jumlah barang, dan lokasi tujuan pengiriman. Dengan adanya data pesanan yang lengkap dan akurat, proses pemindahan barang dapat dilakukan dengan lebih efisien dan tepat waktu. Fitur membuat data pesanan via pemindahan barang ini cocok untuk bisnis yang mempunyai banyak cabang maupun gudang dan barang-barangnya bergerak dengan cepat ataupun juga barang tersebut diterima sebagian dari jumlah nota tersebut.
Baca selengkapnya...

Tutorial Membuat Surat Penawaran Penjualan pada ERZAP - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

penawaran,penjualan,penawaran penjualan,surat penawaran

Surat penawaran merupakan hal yang penting dalam proses bisnis untuk mengajukan tawaran produk atau layanan kepada calon pelanggan atau pembeli. Dalam tutorial ini, kami akan membantu Anda dalam membuat surat penawaran dan langsung terintegrasikan ke penjualan maupun pesanan penjualan.