Penerapan Penjualan Air Isi Ulang pada ERZAP

06-02-2019 15:58:11, Dibaca: 7256

Air Isi Ulang memang salah satu kebutuhan yang essensial, baik di rumah, di kantor, dimanapun itu. Menyadari penting nya menyediakan produk ini. hampir seluruh Toko Sembako, Mini Market dan toko toko kebutuhan pokok lainnya selalu menyiapkan stok Air Isi Ulang dalam jumlah besar.

Pada Tutorial kali ini kami akan menjelaskan penerapan Penjualan Air Isi Ulang dengan Sistem Erzap

Note : Tutorial ini juga dapat diaplikasikan pada Penjualan Gas Tabung

 

Terdapat 3 tahap dalam tutorial ini, yaitu;

A. Membuat Data Produk

B. Penerapan Pembelian

C. Penerapan Penjualan

 


A. Membuat Data Produk


Anda akan membuat 3 Produk : Galon, Air Isi Ulang, Air Isi Ulang + Galon

Galon

Galon disini adalah jumlah Galon yang tersedia pada Toko anda, baik berisi maupun kosong, Galon ini juga dapat anda jual bila Toko anda menyediakan pembelian galon kosong.

Air Isi Ulang

Adalah Galon yang berisi Air. Pembelian dan Penjualan Air Isi Ulang tidak akan mengurangi Stok Galon, tetapi hanya mengurangi Stok Air Isi Ulang itu sendiri.

Air Isi Ulang + Galon

Air dan Galon ini adalah gabungan dari Galon dan Air Isi Ulang. Air plus Galon ini digunakan saat Customer anda membeli galon pertama kali (Tanpa pengisian ulang).

 

Membuat Data Produk Galon


1. Akses Data Master > Produk > Satu Data

2. Isi Informasi Produk seperti pada contoh dibawah.Sesuaikan harga jual Galon pada Toko anda

Lalu Simpan Data dengan mengklik ikon save disamping kiri


 

Membuat  Data Produk Air Isi Ulang


1. Akses Data Master > Produk > Satu Data

2. Isi Informasi Produk seperti pada contoh dibawah.Sesuaikan harga jual Air Isi Ulang pada Toko anda

Lalu Simpan Data dengan mengklik ikon save disamping kiri

 

Membuat  Data Produk Air Isi Ulang + Galon


1. Akses Data Master > Produk > Satu Data

2. Isi Informasi Produk seperti pada contoh dibawah.Sesuaikan harga jual Air Isi Ulang + Galon pada Toko anda

 

3. Pada Opsi Sifat Produk, pilih Opsi Produk Berupa Paket/Menu.

4. Lalu isi kolom Komposisi Paket dengan data produk Galon dan Air Isi Ulang yang sudah anda buat sebelumnya.

5. Lalu Simpan Data dengan mengklik ikon save disamping kiri

 

Selesai, dan anda dapat menggunakan ketiga data tersebut pada Penjualan


B. Penerapan Pembelian


Sebagai Contoh, Outlet kami Erzap Denpasar, mengorder Galon dari Supplier sebanyak 15 buah dan dari 10 Galon tersebut diisi dengan Air Isi Ulang.

Jadi pada Sistem, Kami menginputkan 15 Galon dan 10 Air Isi Ulang.

Jumlah Galon kosong yang ada pada Toko adalah selisih dari Galon dan Air, yang pada saat ini terdapat sebanyak 5 buah pada Erzap Denpasar


C. Penerapan Penjualan


Sebagai contoh kembali, Customer kami bernama Bambang hendak membeli AIr Isi Ulang. Karena tidak memiliki Galon kosong dari rumah, Bambang harus membeli Air Isi Ulang plus dengan Galonnya

Jadi pada SIstem, yang dinputkan adalah Air Isi Ulang + Galon

Keesokan hari, Bambang membeli AIr Isi Ulang kembali di Outlet kami. Karena sudah membawa Galon Sendiri, Bambang hanya menukar Galon kosong nya dengan Galon yang berisi Air Isi Ulang.

Jadi pada Sistem, yang perlu diinputkan pada Penjualan adalah Air Isi Ulang

Dengan ini, Stok galon anda akan tetap dan tidak berubah, melainkan hanya stok Air Isi Ulangnya saja yang berkurang. 

Sekian Tutorial " Penerapan Penjualan Air Isi Ulang pada ERZAP " dari kami, Selamat Mencoba !!

Belum menggunakan Erzap? Coba Gratis sekarang!

 

 

MANAJEMEN SERIAL NUMBER/IMEI UNTUK TOKO HANDPHONE & ELEKTRONIK

24-01-2018 - Dibaca: 10107 kali.
Pencatatan Serial Number memiliki manfaat signifikan bagi toko handphone. Pencatatan Serial Number membantu toko untuk memantau inventaris perangkat seluler yang dijual. Dengan memiliki catatan Serial Number untuk setiap perangkat, toko dapat dengan mudah melacak dan mengelola stoknya, menghindari kehilangan atau kebingungan terkait inventaris. Erzap ERP menawarkan fitur manajemen Serial Number untuk membantu perusahaan dalam melacak dan mengelola inventaris perangkat dengan efisien. Dengan fitur ini, perusahaan dapat dengan mudah mencatat dan memantau setiap Serial Number atau IMEI dari perangkat yang dimiliki. Hal ini memudahkan dalam pelacakan stok, meminimalkan risiko kehilangan atau kebingungan inventaris, serta meningkatkan akurasi data.
Baca selengkapnya...

Tutorial Fitur Nomor Batch (Batch Number) ERZAP ERP

27-04-2024 - Dibaca: 131 kali.
Dalam dunia bisnis, istilah "Batch Number" atau "Nomor Batch" mengacu pada serangkaian karakter atau kode numerik yang digunakan untuk mengidentifikasi sekelompok produk atau barang yang diproduksi atau diproses secara bersamaan dalam suatu periode tertentu. Saat suatu produk tiba di rantai pasokan, baik itu melalui pembelian, penjualan, atau penyimpanan dalam inventaris, setiap batch produk diberi nomor batch yang unik. Nomor batch ini memberikan informasi penting tentang produk tersebut. Dalam proses pembelian, nomor batch digunakan untuk melacak asal-usul dan kualitas produk. Ketika barang dijual kepada pelanggan, nomor batch dapat membantu dalam pelacakan produk jika terjadi masalah atau klaim garansi. Di sisi inventaris, nomor batch memungkinkan manajer untuk mengelola stok dengan lebih efisien dan memonitor perputaran barang dengan lebih akurat. Ketika digunakan dengan benar, batch number menjadi alat yang sangat berguna dalam manajemen stok, pelacakan barang dan menjaga kualitas produk dalam seluruh rantai pasokan.
Baca selengkapnya...

Tutorial Aset Jual

25-07-2020 - Dibaca: 6097 kali.
Kini Erzap telah merilis update berupa fitur Aset Jual, dimana pada fitur ini, anda dapat melakukan Penghapusan/Penjualan atas Aset Tetap yang sebelumnya sudah tercatat pada Sistem. Proses Penjualan Aset ini terbilang cukup singkat karena memiliki kemiripan dengan proses Penjualan Produk pada Faktur Penjualan, namun perbedaanya terletak pada Akun yang terpengaruh atas penjualan Aset tersebut pada Laporan Neraca dan Laba Rugi
Baca selengkapnya...

PENJUALAN TERJADWAL

21-05-2018 - Dibaca: 3162 kali.
Penjualan tejadwal
Baca selengkapnya...

Tutorial Menentukan Sales Area

20-06-2023 - Dibaca: 548 kali.
Mengembangkan strategi penjualan yang efektif adalah salah satu langkah kunci dalam mencapai keberhasilan bisnis. Bagian penting dalam merencanakan strategi penjualan adalah menentukan area penjualan yang tepat. Menentukan sales area yang efisien dan optimal adalah salah satu langkah yang penting ke dalam strategi penjualan bisnis Anda.
Baca selengkapnya...

Penerapan Penjualan Air Isi Ulang pada ERZAP - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

jualan galon dengan sistem

Air Isi Ulang memang salah satu kebutuhan yang essensial, baik di rumah, di kantor, dimanapun itu. Menyadari penting nya menyediakan produk ini. hampir seluruh Toko Sembako, Mini Market dan toko toko kebutuhan pokok lainnya selalu menyiapkan stok Air Isi Ulang dalam jumlah besar.