Peran Penting Millennial Dalam Mengetahui Pajak

23-09-2022 04:20:46, Dibaca: 673

Free Quote Board on top of Cash Bills Stock Photo

Sebelum mengetahui peran penting millennial dalam mengetahui pajak, perlu untuk mengetahui pengertian Pajak. Pajak secara umum adalah pungutan wajib yang harus dibayar rakyat untuk kemajuan suatu negara dan akan digunakan untuk kepentingan pemerintahan serta masyarakat umum.

Lalu Pentingkah Millenial Dalam Mengetahui Pajak?

Sangat penting untuk mengajarkan atau mendidik millennial agar paham tentang pajak, karena pajak sangat dibutuhkan untuk kehidupan warga negara sekaligus sangat penting bagi kemajuan bangsa Indonesia, jika disimpulkan penerimaan pajak sangat berpengaruh bagi negara. Oleh karena itu sangat ditekankan mengenai perlunya pendidikan sejak dini, sosialisasi, dan pemahaman mengenai perpajakan, khususnya bagi kaum millennial.

Kaum millennial saat ini tentunya sangat menjadi harapan Negara untuk dapat meningkatkan kepatuhan warga negara terhadap wajib pajak, oleh karena itu, peran pemerintah juga sangat penting dalam terus memberikan upaya untuk meningkatkan kesadaran pajak bagi kaum millennial. Pemerintah juga dapat menggunakan materi bahkan menyediakan berbagai konten mengenai keseharian kaum millennial yang juga mengaitkannya dengan informasi perpajakan.

Lalu Bagaimana Cara Mengedukasi Kaum Millenial Dalam Mengetahui Pajak?

Saat ini cara melakukan edukasi sangat lebih mudah. Terutama dengan kehadiran media digital yang masif digunakan oleh generasi muda. Kemajuan teknologi yang semakin pesat dan tingkat adaptasi generasi muda terhadap teknologi, pada dasarnya dapat membantu pemerintah untuk menyebarkan informasi mengenai edukasi pajak, misalnya dengan menggunakan media sosial.

Disamping menggunakan media sosial, masih banyak lagi yang dapat dilakukan dalam mengedukasi pajak, seperti dilakukannya seminar-seminar mengenai pajak, dan mendirikan sebuah kegiatan sajak (sadar pajak) bagi kaum millennial yaitu Relawan Pajak. Saat ini sudah di beberapa kota tercatat didirikannya kegiatan relawan pajak tersebut khususnya bagi kaum millennial.

Cara Erzap Mengedukasi Pajak 

Cara Erzap mengedukasi pajak yaitu dengan memberikan edukasi mengenai faktur pajak;

  1. Pemrosesan Faktur Pajak Masukan dari berbagai supplier dengan ERZAP, pengolahan data PPN masukan, dengan melakukan pengolahan data PPN masukan anda tidak perlu mencatat faktur tersebut secara manual. Jika supplier Anda sudah memiliki QR Code, Anda cukup melakukan scan QR Code tersebut dan datanya akan langsung ter-input di sistem ERZAP tanpa harus memilih supplier atas PPN masukan tersebut. Tutorial penggunaan Faktur Pajak Masukan ERZAP dapat anda lihat di sini.
  2. Begitu pula dengan Faktur Pajak Keluaran, jika Anda mengalami kesulitan dalam mengelola PPN Keluaran, ERZAP juga menyediakan sistem untuk memproses PPN Keluaran agar proses penghitungan Anda menjadi lebih cepat dan mudah. Anda cukup memasukkan data NPWP pelanggan kemudian NSFP dan CSV Faktur Pajaknya akan diterbitkan secara otomatis oleh sistem ERZAP. CSV yang sudah disesuaikan selanjutnya tinggal Anda import pada aplikasi e-faktur dan proses pelaporan pajak Anda sudah selesai. Sistem kami juga dapat memberikan informasi mengenai nilai Faktur Pajak Digunggung dengan melihat PPN tanpa NPWP di bagian Rekap Penjualan.Temukan pembahasan lebih lanjut tentang PPN Keluaran di artikel ini.

Baca lebih lanjut Kenali Pajak Masukan dan Pajak Keluaran!

Ingin manajemen perusahaan Anda menjadi lebih efisien dan efektif? Daftar sekarang dengan klik tombol Registrasi di bawah ini!

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

 

Tutorial Stock Opname dengan Metode Scan Barcode

09-11-2019 - Dibaca: 28496 kali.
Stock Opname adalah kegiatan penghitungan barang secara fisik atas persediaan barang yang telah tercatat di ERZ4P. Secara umum, kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup menyita waktu karena user akan benar-benar terjun secara langsung memeriksa keadaan serta kondisi persediaan barang perusahaan Anda. Tapi anda tidak perlu khawatir karena ERZ4P meyediakan Fitur Stock Opname yang dapat membantu penyesuaian antara stok fisik dan stok sistem.
Baca selengkapnya...

Punya Bisnis Tempat Makan? Berikut Ini Pajak yang Harus Anda Ketahui!

03-01-2022 - Dibaca: 2844 kali.
Punya Restoran di Bali? Dapatkan software ERP ERZAP untuk manajemen bisnis Anda! Sudah terintegrasi dengan sistem Akunting dan POS.
Baca selengkapnya...

Konsep Debet dan Kredit dalam Transaski Usaha “Dasar Akuntansi”

11-09-2022 - Dibaca: 5911 kali.
Debit berada di sisi sebelah kiri dan penambahan aset bisa berupa penambahan jumlah transaksi dalam hal ini adalah uang, alat hingga hal yang tidak berwujud secara langsung seperti sewa ataupun piutang. Berbeda dengan debit, kredit sendiri berasal dari Bahasa “latin” yaitu “credere”, yang artinya pencatatan akuntansi untuk akun hutang dan ekuitas mengalami peningkatan.
Baca selengkapnya...

Proses Gaji dengan Erzap

17-06-2020 - Dibaca: 8031 kali.
Gajian adalah momen yang paling ditunggu oleh pegawai pada perusahaan manapun. Momen yang umumnya terjadi sebulan sekali ini meliputi proses pembayaran upah atas pekerjaan yang telah dilaksanakan pegawai. Walaupun menyenangkan untuk para pegawai, kegiatan ini cukup rumit untuk bagian HRD/Personalia dan Akunting, terutama jika dilakukan secara manual tanpa bantuan Sistem. Sebab pada Perusahaan level menengah keatas, Gajian tidak hanya mencatat Gaji Pokok, namun juga Bonus, Uang Lembur, Tunjangan, Kasbon dan lain-lain. Untuk mempermudah proses penggajian pegawai, Erzap me-release fitur Penggajian Pegawai pada tahun 2018. Kini Erzap telah melakukan Update pada fitur Manajemen Data Pegawai dan juga fitur Penggajian untuk pencatatan pembukuan dan rekap yang lebih akurat dan lebih detail.
Baca selengkapnya...

Mudah Ubah Harga pada Label Rak dengan Fitur Erzap Label Designer!

19-10-2022 - Dibaca: 3068 kali.
Pernah melihat label berisikan informasi harga pada etalase toko? Berikut penjelasan lebih lanjut tentang label rak!
Baca selengkapnya...

Peran Penting Millennial Dalam Mengetahui Pajak - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Pajak, Sajak (Sadar Pajak), Kaum Millennial

pajak secara umum yang merupakan pungutan wajib yang harus dibayar rakyat untuk kemajuan suatu negara dan akan digunakan untuk kepentingan pemerintahan serta masyarakat umum.