Ini 8 Fitur ERZAP POS yang Berguna bagi Pemilik Bisnis Retail

26-05-2022 17:05:04, Dibaca: 447

Mesin POS & Industri 4.0

Penggunaan Sistem POS untuk mempermudah pencatatan transaksi semakin marak di era industri 4.0 yang mulai didominasi oleh teknologi seperti mesin. Sistem POS yang sudah canggih tidak hanya berfungsi sebagai pengganti mesin kasir konvensional, tetapi juga dapat membantu Anda dalam membuat laporan penjualan. Untuk mengetahui perbedaan mesin kasir dan sistem POS dapat Anda lihat di sini. Artikel ini akan lebih membahas tentang kegunaan sistem POS dari ERZAP secara spesifik bagi Anda selaku pemilik bisnis retail baik online maupun offline. Apa saja 8 Fitur ERZAP POS yang paling berguna untuk bisnis Anda? Simak lebih lanjut di bawah ini.

Anda mungkin tertarik Ini 8 Fitur ERZAP POS yang Berguna bagi Pemilik Bisnis Retail

8 Fitur ERZAP POS

  1. User Kasir & Sesi Kasir: data setiap kasir dapat Anda simpan menggunakan fitur User Kasir apabila jumlah kasir Anda lebih dari satu sehingga informasi kasir mana yang sedang bertugas di sesi dan outlet berbeda menjadi terperinci yang kemudian berhubungan dengan hak akses dan kemanan data sementara data total penjualan secara rinci per kasir dapat dibedakan sesuai shift kerja setiap kasir menggunakan fitur Sesi Kasir.
  2. Multi Kasir: fitur ini berguna untuk memudahkan pendataan, akses serta aktivitas kasir jika Anda memiliki mesin kasir lebih dari satu. Sistem POS ERZAP memiliki informasi jumlah kas di tiap mesin kasir untuk dicocokkan dengan data kas di sistem sehingga Anda dapat mengetahui kasir mana yang bertanggung jawab untuk mesin kasir tertentu.
  3. Scan Barcode: ERZAP POS mendukung penggunaan barcode scanner yang dapat mempercepat proses transaksi sebab data produk tidak perlu dicari secara manual dan meminimalisir human error.
  4. Split Payment: fitur split payment memungkinkan pelanggan untuk memilih berbagai metode pembayaran, antara lain tunai, debit, OVO, Shopee, dan transfer bank. Namun, meskipun metode pembayaran yang dipilih berbeda, bukti pembayaran akan tetap dicetak dalam satu nota pembayaran yang sama.
  5. Share Nota via WhatsApp: fitur share nota via WhatsApp dapat membantu Anda untuk mencatat data pelanggan secara otomatis setelah nota tersebut dikirimkan melalui WhatsApp.
  6. Registrasi Data Pelanggan: CRM yang baik akan menghemat biaya Anda karena customer retention lebih murah biayanya dibandingkan mencari pelanggan baru sehingga data pelanggan perlu untuk disimpan. Fitur ini dapat digunakan ketika kasir Anda memproses transaksi pelanggan. Data tersebut kemudian digunakan untuk memberikan informasi promo atau program loyalitas kepada pelanggan, seperti poin pelanggan dan program membership.
  7. Nota Closing & Rekap Penjualan: fitur nota akan merekam total penjualan per sesi kasir yang digunakan untuk pendataan penjualan dan meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi saat pencatatan keuangan. Data dari setiap outlet juga akan dihitung otomatis dan terperinci sehingga Anda tidak perlu menghitungnya secara terpisah satu per satu.
  8. Hitung Kas: kasir Anda akan memasukkan nominal kas yang telah dihitung menggunakan fitur ini untuk dicocokkan dengan kas pada sistem. Ada notifikasi perhitungan salah yang muncul beserta selisihnya jika terdapat selisih antara kas fisik dan kas sistem. Kesalahan yang terjadi mungkin saja karena ada beban dan penjualan yang belum dihitung. Sistem POS ERZAP telah terintegrasi dengan sistem ERP yang menyediakan berbagai modul manajemen bisnis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda masih bimbang untuk menggunakan mesin POS? Berikut ini beberapa manfaat penggunaan mesin POS yang mungkin dapat Anda pertimbangkan.

Manfaat Mesin POS bagi Bisnis Anda

1. Keamanan dan Akurasi Data yang Lebih Terjamin

Data pada mesin POS biasanya disimpan dengan sistem cloud computing yang dapat meminimalisir hilangnya data akibat virus apabila data disimpan pada computer. Selain itu, terdapat pin dan hak akses yang terbatas apabila Anda menggunakan mesin POS sehingga tidak semua orang dapat mengakses mesin kasir Anda. Hanya orang yang Anda berikan akses yang dapat mengecek data pada mesin POS dan back office.

2. Hemat Kertas dengan Fitur Share Nota via WhatsApp

Pencatatan transaksi secara manual dengan kertas nota akan menyebabkan pemborosan kertas, terlebih jika ada kesalahan pencatatan. ERZAP POS hadir dengan fitur share nota via WhatsApp sehingga bukti pembelian langsung dikirim melalui WhatsApp dan data pelanggan tersebut akan otomatis masuk ke sistem. Kegunaan dari menyimpan data secara otomatis adalah data tersebut dapat Anda gunakan saat mengelola CRM atau Customer Relationship Management nantinya serta mengirimkan informasi tertentu pada pelanggan.

3. Laporan Penjualan yang Rinci

Sistem POS yang terintegrasi dengan modul lain seperti Akunting dan modul ERP lainnya akan membantu Anda memproses laporan yang lengkap dan terperinci karena data antar modul saling terhubung. Modul Akunting ERZAP telah sesuai dengan SAK (Standar Akuntansi Keuangan) sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kelengkapan pembukuan yang dilakukan dengan ERZAP.

4. Hemat Waktu dengan Sistem Pencatatan yang Serba Otomatis

Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk melakukan pencatatan manual dengan ERZAP POS karena data penjualan, inventaris, dan data kebutuhan bisnis lainnya akan tercatat dan dihitung secara otomatis ketika ada data yang diinput. Kemudahan tersebut akan menghemat waktu Anda sehingga Anda dapat mengalokasikan waktu Anda yang sebelumnya digunakan untuk mencatat ke hal lain seperti strategi pemasaran.

5. Pengecekan Data Produk yang Lengkap dan Cepat

ERZAP POS memiliki fitur scan barcode dan modul inventaris yang lengkap sehingga kasir Anda dapat mengecek info produk dengan cepat. Pembahasan lebih lanjut mengenai perbandingannya dengan mesin kasir konvensional dapat Anda temukan di sini. Modul Inventaris pada sistem ERZAP juga akan membantu Anda dalam melakukan pengecekan stok. Stok antar outlet dan gudang akan terhubung di satu sistem yang sama sehingga memudahkan pengecekan Anda tanpa terbatas ruang dan waktu.

Klik disini untuk melihat artikel-artikel tutorial penggunaan fitur ERZAP atau daftar langsung dengan mengeklik tombol di bawah.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Mudah Ubah Harga pada Label Rak dengan Fitur Erzap Label Designer!

19-10-2022 - Dibaca: 80 kali.
Pernah melihat label berisikan informasi harga pada etalase toko? Berikut penjelasan lebih lanjut tentang label rak!
Baca selengkapnya...

Cara Membuat Akun Bank Pada ERZ4P

23-07-2018 - Dibaca: 7429 kali.
Di dalam proses transaksi pasti kita menggunakan tipe penjualan seperti langsung ataupun tak langsung. Jika langsung maka kita bisa menggunakan tunai, sedangkan tak langsung kita bisa menggunakan kartu kredit ataupun dengan bank. Nah berikut akan dijelaskan cara membuat akun bank dengan sistem ERZ4P. ERZ4P memiliki fitur di dalam membuat akun bank yaitu
Baca selengkapnya...

Kenali Jenis-jenis Promosi Ini agar Bisnis Anda semakin dikenal!

05-03-2022 - Dibaca: 926 kali.
Anda sedang menentukan promosi untuk toko Anda? Simak jenis-jenis promosi berikut agar Anda tidak salah pilih.
Baca selengkapnya...

Harga Minyak Naik-Turun? Atur Harga Tanpa Ribet dengan Sistem ERP

21-03-2022 - Dibaca: 274 kali.
Harga minyak naik-turun bikin pusing atur harga jual? Dengan ERZAP ERP, atur harga produk menjadi lebih cepat dan praktis!
Baca selengkapnya...

Tutorial Penggunaan Sistem Multi Kasir pada ERZAP

21-09-2018 - Dibaca: 5724 kali.
Kini Erzap dapat mengelola kasir dalam jumlah banyak (multi-kasir) simak artikel berikut untuk tutorialnya
Baca selengkapnya...

Ini 8 Fitur ERZAP POS yang Berguna bagi Pemilik Bisnis Retail - ERZAP - Inovasi Tanpa Henti

POS, Mesin POS, ERZAP POS, Sistem POS, POS System

Sistem POS memiliki segudang manfaat bagi bisnis Anda, berikut ini manfaat yang Anda dapat dengan menggunakan fitur-fitur ERZAP POS.