Mesin Kasir Biasa VS POS System, Mana yang Lebih Baik?

07-05-2022 17:28:41, Dibaca: 1748

Ketika terjadi transaksi jual-beli dalam sebuah bisnis, terdapat peran mesin kasir atau mesin POS yang berfungsi untuk memproses kegiatan tersebut serta merekam data penjualan. Manajemen penjualan yang masih tradisional biasanya menggunakan mesin kasir konvensional yang penggunaannya manual sementara pada sistem yang lebih modern sudah menggunakan mesin POS yang serba otomatis.

Anda mungkin tertarik: Ketahui Proses Produksi pada Industri Tekstil

Pengertian Mesin Kasir dan Point of Sales (POS)

Mesin Kasir dilansir dari Ilmu Ekonomi ID adalah alat mekanik ataupun elektronik pada loket kasir yang digunakan untuk mencatat transaksi, mencetak struk serta menyimpan uang. Beberapa jenis mesin kasir, antara lain.

  • Mesin Kasir Manual
  • Mesin Cash Register dengan scanner

Pengertian POS dikutip dari Glints adalah perangkat yang digunakan sebagai tempat pembayaran pembeli. Fitur POS pada umumnya lebih banyak dibandingkan mesin kasir konvensional, seperti mencatat laporan penjualan secara otomatis. Bentuk-bentuk mesin POS adalah sebagai berikut.

  • Mesin POS
  • Tablet
  • Smartphone

Perbandingan Mesin Kasir dan Point of Sales (POS)

1. Kemudahan Akses

  • Mesin Kasir : hanya dapat diakses melalui perangkat fisik
  • Sistem POS : akses tidak terbatas ruang dan waktu karena menggunakan internet

2. Kelengkapan Fitur

  • Mesin Kasir : fitur terbatas dan pendataan manual
  • Sistem POS : fitur lebih beragam, terintegrasi dengan ERP System sehingga manajemen bisnis secara keseluruhan lebih efisien dan efektif

3. Harga

  • Mesin Kasir : harga lebih terjangkau karena fitur lebih terbatas
  • Sistem POS :  harga lebih mahal dibandingkan mesin kasir, tetapi fitur lebih variatif

4. Metode Pembayaran

  • Mesin Kasir : sistem pembayaran yang dapat dipilih pelanggan terbatas
  • Sistem POS : pembayaran lebih fleksibel baik tunai maupun non-tunai

5. Laporan Penjualan

  • Mesin Kasir : laporan yang dihasilkan sederhana dan tidak mencakup laporan lainnya
  • Sistem POS : laporan penjualan lebih lengkap dan dilengkapi fitur untuk melihat inventaris

Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa meskipun Sistem POS biasanya lebih mahal dibandingkan mesin kasir biasa, tetapi hal tersebut sebanding dengan fitur yang ada pada Sistem POS karena fitur yang didapatkan lebih banyak dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang manfaat POS di sini.

Sistem POS seperti ERZAP POS tidak hanya menyimpan data transaksi, tetapi dapat memudahkan Anda dalam mengatur promosi yang berjalan otomatis sehingga perhitungan juga menjadi lebih cepat. ERZAP POS memiliki fitur sesi kasir sehingga total penjualan per kasir dapat dibedakan sesuai jam kerja setiap kasir agar laporan penjualan menjadi lebih rinci dan terukur. Selain fitur sesi kasir, Anda dapat menyimpan data setiap kasir yang berbeda dengan fitur Multi Kasir yang dapat memudahkan pendataan terkait dengan akses serta aktivitas kasir di tiap mesin kasir, termasuk jumlah kas yang ada di tiap mesin kasir dan dicocokkan kembali dengan yang seharusnya ada sesuai data di sistem. ERZAP juga menyediakan fitur kirim nota via WhatsApp untuk membantu Anda mencatat data pelanggan karena informasi mereka akan langsung otomatis terdata di data pelanggan setelah nota tersebut dikirimkan melalui WhatsApp. Fitur lain yang dimiliki ERZAP POS dapat Anda temukan di sini.

 

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

MENAMBAHKAN PRODUK BARU PADA SISTEM TOKO HP

12-02-2018 - Dibaca: 5238 kali.
Data produk merupakan sesuatu yang digunakan untuk mencatat persediaan barang dagang dan transaksi dalam suatu perusahaan.
Baca selengkapnya...

Cara Hitung THR Karyawan 2023

03-04-2023 - Dibaca: 425 kali.
Artikel ini membahas tentang cara menghitung Tunjangan Hari Raya (THR) berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Pembaca akan memperoleh informasi mengenai cara menghitung THR untuk karyawan tetap maupun karyawan kontrak, beserta dengan contoh perhitungan yang jelas dan mudah dipahami. Selain itu, artikel ini juga memberikan tips dan saran mengenai cara mengelola THR dengan efektif dan efisien di dalam perusahaan, termasuk dalam hal pengelolaan anggaran dan pemrosesan administrasi THR. Dengan membaca artikel ini, pembaca akan memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai bagaimana melakukan perhitungan THR dan mengelola aspek keuangan di dalam perusahaan.
Baca selengkapnya...

Ini 8 Fitur ERZAP POS yang Berguna bagi Pemilik Bisnis Retail

26-05-2022 - Dibaca: 1538 kali.
Sistem POS memiliki segudang manfaat bagi bisnis Anda, berikut ini manfaat yang Anda dapat dengan menggunakan fitur-fitur ERZAP POS.
Baca selengkapnya...

Tutorial Aset Jual

25-07-2020 - Dibaca: 6666 kali.
Kini Erzap telah merilis update berupa fitur Aset Jual, dimana pada fitur ini, anda dapat melakukan Penghapusan/Penjualan atas Aset Tetap yang sebelumnya sudah tercatat pada Sistem. Proses Penjualan Aset ini terbilang cukup singkat karena memiliki kemiripan dengan proses Penjualan Produk pada Faktur Penjualan, namun perbedaanya terletak pada Akun yang terpengaruh atas penjualan Aset tersebut pada Laporan Neraca dan Laba Rugi
Baca selengkapnya...

PROSEDUR MELAKUKAN RETUR PEMBELIAN & RETUR PENJUALAN PADA TOKO HANDPHONE DAN ELEKTRONIK

12-02-2018 - Dibaca: 97074 kali.
dalam akuntansi terdiri dari beberapa hal dan salah satunya adalah retur pembelian. Jual beli barang dagangan tidak selamanya berjalan dengan mulus. dalam kondisi tertentu biasanya ada saja barang yang rusak sehingga pembeli pasti akan mengembalikan barang yang telah dibelinya
Baca selengkapnya...

Mesin Kasir Biasa VS POS System, Mana yang Lebih Baik? - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Mesin Kasir, Sistem POS, Software POS, POS System

Ini alasan kenapa POS lebih baik dibandingkan mesin kasir konvensional, klik untuk tahu lebih lanjut