Solusi Pencatatan Keuangan yang Cepat. Lengkap dan Akurat untuk Bisnis Anda

24-12-2021 16:21:41, Dibaca: 1538

 SOLUSI PENCATATAN KEUANGAN YANG CEPAT, LENGKAP DAN AKURAT UNTUK BISNIS ANDA

Pencatatan Keuangan

Pencatatan Keuangan merupakan hal yang penting dalam suatu bisnis. Diperlukan ketelitian dalam mengerjakan sebuah laporan keuangan karena dari catatan tersebutlah pemilik usaha menentukan kebijakan apa yang harus diambil selanjutnya dan nantinya berguna bagi perkembangan usaha. 3 hal yang biasa menjadi masalah dalam pencatatan keuangan adalah sebagai berikut.

1.    Hilangnya bukti transaksi

Bukti transaksi yang dimaksud mencakup kuitansi, faktur/invoice, surat perjanjian, dan dokumen lainnya yang memuat transaksi internal maupun eskternal. Hilangnya bukti transaksi ini sangat berdampak bagi pencatatan keuangan, tanpa adanya bukti transaksi akan sulit memvalidasi akun yang dicatat sehingga memungkinkan adanya transaksi fiktif. Selain dampak negatif tadi, kehilangan bukti transaksi juga akan mempersulit proses audit bisnis Anda.

2.    Kesalahan dalam Mencatat

Ketika laporan keuangan dibuat secara manual, mungkin saja ada kesalahan entri seperti mencatat akun debit sebagai kredit dan sebaliknya. Alhasil, total antara debit dan kredit menjadi tidak seimbang dan nantinya akan berimbas pada kesalahan ketiga, yakni kesalahan perhitungan. Kesalahan lain yang masih berhubungan dengan pencatatan adalah penulisan nominal dan kekeliruan basis akuntansi yang digunakan (akrual dan kas).

3.    Kesalahan Perhitungan

Jika pembukuan atau akuntansi masih menggunakan cara tradisional dengan perhitungan manual, kesalahan perhitungan akan menghambat proses pencatatan keuangan tiap periode karena semua akun harus diteliti dan dihitung kembali dari awal. Kesalahan ini dapat diminimalisir dengan bantuan sistem akunting yang dapat secara otomatis mengubah angka total jika ada nominal akun yang diganti.

Baca juga Stop Gunakan Mesin Kasir, Mulailah Beralih ke Software POS

Solusi atas Kesalahan Pencatatan Keuangan

Pernahkah Anda mengalami masalah yang sama dalam proses pencatatan keuangan bisnis Anda? Jika belum pernah, tidak ada salahnya mengantisipasi hambatan yang mungkin terjadi dengan software Akuntansi. Namun, jika Anda pernah mengalami kendala di atas dan butuh sistem yang dapat membantu Anda mengelola seluruh manajemen bisnis Anda, mungkin sudah saatnya Anda menggunakan software ERP.

Software ERP ERZAP sudah terintegrasi dengan sistem akunting otomatis yang sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Akun-akun yang ada dalam sistem Akunting ERZAP antara lain Laporan Neraca; Laporan Laba Rugi; Laporan Buku Besar; Transaksi Kas; Beban; Hutang dan Piutang; Penarikan Prive; Jurnal Umum; Aset; Gaji Pegawai; Kasbon Pegawai; PPN dan PPh.

ERZAP tidak hanya membantu Anda dalam mencatat keuangan Anda, tetapi juga mempermudah Anda dalam mendata hal-hal lain karena ERZAP memiliki sistem POS (Point of Sale), Absensi Pegawai, CRM (Customer Relationship Management), dan masih banyak sistem lainnya. Apabila Anda butuh bantuan dalam menggunakan sistem ERZAP, Anda dapat menghubungi kami melalui kontak yang tertera di situs web kami.

 

Daftar ERZAP sekarang untuk pencatatan keuangan yang lebih terstruktur dengan klik tombol berikut ini!
Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Transfer Kas Erzap

24-12-2020 - Dibaca: 2776 kali.
Malas Catat Pembukuan? Let Erzap Handle This. Pembukuan dari Erzap akan dilakukan secara Otomatis oleh Sistem. Anda cukup menginputkan memilih dan memasukan nominal dari Akun Kasnya. Tidak perlu untuk buat Jurnal secara manual. Praktis bukan? Bagaimana cara untuk Transfer Kas di Erzap? Simak Tutorialnya dibawah
Baca selengkapnya...

Metode Pencatatan Beban Ekspedisi Erzap

22-07-2022 - Dibaca: 177 kali.
Pengertian dari ekspedisi adalah pengiriman barang ataupun perusahaan pengangkutan barang. Jasa ekspedisi biasanya akan memberikan harga pengiriman barang, baik berdasarkan berat barang maupun berdasarkan jarak kota yang ditempuh. Tutorial kali ini akan membahas mengenai Metode - metode pencatatan beban ekspedisi pada sistem Erzap.
Baca selengkapnya...

Penerapan Sederhana ERZ4P Pada Industri Restoran Tanpa Stok

17-01-2018 - Dibaca: 6332 kali.
Berikut adalah tutorial penerapan sederhana ERZ4P pada Industri Restoran yang dimana artikel ini mirip dengan penerapan sederhana ERZ4P pada Industri Catering namun langkah - langkahnya sedikit berbeda,berikut adalah langkah – langkahnya :
Baca selengkapnya...

Melihat Laporan Buku Besar

12-01-2018 - Dibaca: 6701 kali.
Buku Besar adalah buku yang berisi kumpulan akun yang ada dalam laporan keuangan. Buku ini mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada masing-masing akun. Setiap transaksi yang telah dicatat dalam jurnal akan dipindahkan ke Buku Besar secara berkala.
Baca selengkapnya...

Tutorial Pengiriman Pesanan Penjualan Erzap ERP

14-04-2023 - Dibaca: 1601 kali.
Mencatat pengiriman pesanan penjualan adalah proses penting yang harus dilakukan oleh setiap bisnis yang melakukan penjualan produk atau jasa. Proses ini melibatkan pencatatan dan pemantauan pengiriman pesanan dari pihak penjual ke pihak pembeli. Mencatat pengiriman pesanan penjualan secara akurat dan tepat waktu memiliki banyak manfaat penting bagi keberhasilan bisnis.
Baca selengkapnya...

Solusi Pencatatan Keuangan yang Cepat. Lengkap dan Akurat untuk Bisnis Anda - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Sistem Akunting, Software ERP, Pembukuan Online, Akunting Online, Software Akunting, Sistem Akunting ERZAP

Ingin tahu solusi pencatatan keuangan yang efisien dan efektif? Simak artikel ini!