Penggunaan Hutang Lain dan Piutang Lain ERZ4P

25-10-2018 12:40:57, Dibaca: 10586

Hutang dan Piutang merupakan hal yang sudah tidak lazim lagi di dunia bisnis. Sistem ini dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik Kreditur maupun Debitur. Walapun menguntungkan, hutang dan piutang yang tidak terdata dalam sebuah usaha dapat menyebabkan kondisi keuangan kacau. Tetapi, bila menggunakan Erzap ERP, Anda tidak perlu khawatir akan masalah ini. Itu dikarenakan sistem Erzap ERP dapat melakukan pencatatan hutang dan piutang secara detail. Jadi pada sistem Erzap ERP, anda dapat menyusun secara terstruktur, menulusuri histori, dan menganalisa data hutang dan piutang dalam bisnis yang anda kelola.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara menggunakan Fitur Hutang Lain dan Piutang Lain pada Erzap ERP

Tutorial ini akan dibagi menjadi dua tahap yaitu

A. Penggunaan Hutang Lain 

B. Penggunaan Piutang Lain

C, Melihat Jurnal

 

 


A. Penggunaan Hutang Lain


Hutang Lain adalah fitur Erzap ERP untuk menginputkan hutang selain/diluar hutang dagang. Karena dengan fitur ini anda dapat menginputkan nominal uang dari hutang yang bersangkutan. Hutang Lain biasanya digunakan untuk memasukan pinjaman modal kedalam sistem.

Berikut ini adalah langkah langkah untuk menginputkan Hutang Lain pada Erzap ERP

 

1. Akses Akunting > Hutang Lain

2. Buat data Kreditur terlebih dahulu. Data Kreditur dapat memudahkan anda untuk menulusuri sumber dari sebuah hutang. Klik Tambah Kreditur

3. Isikan data dari Kreditur, Nama wajib diisi sedangkan No Telepon dan Alamat opsional. Lalu klik Simpan

4. Bila Data Kreditur berhasil disimpan, Data tersebut akan muncul pada Daftar Kreditur. Selanjutnya, Klik Kelola untuk menginputkan data hutang dari Kreditur tersebut

Akan ada beberapa pembahasan pada Kelola Hutang Kreditur yaitu

  • Penambahan Hutang
  • Pembayaran Hutang
  • Rincian Transaksi

 

Penambahan Hutang

5. Untuk menambahkan hutang, klik Tambah Hutang pada Jenis Penyesuaian. Lalu inputkan Jenis Pembayaran, Kas yang digunakan, dan Jumlah nominal dari Hutang yang akan diinputkan.

6. Klik ikon disket untuk menyimpan data

Pembayaran Hutang

7. Untuk pembayaran hutang, klik Kurangi Hutang pada Jenis Penyesuaian. Lalu inputkan Jenis Pembayaran, Kas yang digunakan, dan Jumlah nominal dari pembayaran hutang.

8. Klik ikon disket untuk menyimpan data

Rincian Transaksi

9. Data Debet dan Kredit dari Hutang yang sudah anda inputkan dapat dilihat pada Rincian Transaksi.

10. Anda dapat melihat sisa Hutang pada Daftar Kreditur tepatnya di kolom Sisa Hutang 

 


B. Penggunaan Piutang Lain


Sama halnya dengan Hutang Lain, Piutang Lain adalah fitur Erzap ERP untuk menginputkan piutang selain/diluar piutang penjualan. Karena dengan fitur ini anda dapat menginputkan nominal uang dari piutang yang bersangkutan. Piutang Lain biasanya digunakan untuk memasukan pemberian pinjaman uang ke pegawai.

Cara menginputkan Piutang Lain tidak jauh berbeda dengan menginputkan Hutang Lain. Langkah langkah adalah sebagai berikut

1. Akses Akunting > Piutang Lain

2. Buat data Debitur terlebih dahulu. Data Debitur dapat memudahkan anda untuk menulusuri sumber dari sebuah Piutang. Klik Tambah Debitur

3. Isikan data dari Debitur, Nama wajib diisi sedangkan No Telepon dan Alamat opsional. Lalu klik Simpan

4. Bila Data Debitur berhasil disimpan, Data tersebut akan muncul pada Daftar Debitur. Selanjutnya, Klik Kelola untuk menginputkan data piutang dari Debitur tersebut

Akan ada beberapa pembahasan pada Kelola Piutang Lain yaitu

  • Penambahan Piutang
  • Pembayaran Transaksi
  • Rincian Transaksi

 

Penambahan Piutang

5. Untuk menambahkan piutang, klik Tambah Hutang pada Jenis Penyesuaian. Lalu inputkan Jenis Pembayaran, Kas yang digunakan, dan Jumlah nominal dari Piutang yang akan diinputkan.

6. Klik ikon disket untuk menyimpan data

Pembayaran Piutang

7. Untuk pembayaran piutang, klik Kurangi Piutang pada Jenis Penyesuaian. Lalu inputkan Jenis Pembayaran, Kas yang digunakan, dan Jumlah nominal dari pembayaran piutang

8. Klik ikon disket untuk menyimpan data

9. Data Debet dan Kredit dari Piutang yang sudah anda inputkan dapat dilihat pada Rincian Transaksi. 

10. Anda dapat melihat Sisa Hutang pada Daftar Kreditur tepatnya di kolom Sisa Hutang. 

 


C. Melihat Jurnal


Hutang Lain dan Piutang Lain yang anda inputkan sebelumnya akan tercatat secara detail di dalam Jurnal. Untuk melihat Jurnal anda dapat mengakses Akunting > Jurnal > Manajemen Data

Read Also : Mengatur Hutang Pembelian & Piutang Penjualan

 

Sekian tutorial 'Penggunaan Hutang Lain dan Piutang Lain Erzap ERP' dari kami, dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman Erzap ERP, Terima Kasih.

Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi ke Erzap ERP.

Coba Gratis Sekarang!

 

 

 

 

 

 

Ini Fungsi dari Supply Chain Partners bagi Bisnis Anda!

28-09-2022 - Dibaca: 1922 kali.
Supply chain management termasuk ke dalam fundamental bisnis, terutama bisnis manufaktur. Mengapa demikian? Berikut ini pembahasan pentingnya mengelola hubungan yang baik dengan supply chain partners!
Baca selengkapnya...

Prosedur Tukar Unit Menggunakan Fitur Tukar SN pada Sistem Toko HP

14-02-2018 - Dibaca: 7265 kali.
Penukaran SN dilakukan karena beberapa faktor contohnya seperti produk rusak. Berikut ini merupakan prosedur yang lakukan untuk menukar Serial Number produk dengan menu pembelian dan penjualan pada Erzap ERP.
Baca selengkapnya...

5 Produk Terlaris di Shopee 2022

02-02-2022 - Dibaca: 1433 kali.
Butuh ide produk untuk berjualan di Shopee? 5 kategori produk ini berpotensi LARIS MANIS!
Baca selengkapnya...

PEMBUATAN PRODUK BERUPA KOMPOSISI PAKET/MENU

18-04-2018 - Dibaca: 5702 kali.
Paket komposisi merupakan suatu bentuk gabungan beberapa produk yang disatukan menjadi sebuah produk dengan penamaan tertentu. Contoh pada umunya seperti : "parsel" atau "paket computer" atau "Paket Menu" dan banyak lagi. Anda dapat menjual barang yang berisikan barang-barang yang berbeda, sesuai dengan pilihan paket yang anda miliki.
Baca selengkapnya...

Melihat Laporan Buku Besar

12-01-2018 - Dibaca: 7439 kali.
Buku Besar adalah buku yang berisi kumpulan akun yang ada dalam laporan keuangan. Buku ini mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada masing-masing akun. Setiap transaksi yang telah dicatat dalam jurnal akan dipindahkan ke Buku Besar secara berkala.
Baca selengkapnya...

Penggunaan Hutang Lain dan Piutang Lain ERZ4P - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Hutang Piutang

Hutang dan Piutang merupakan hal yang sudah tidak lazim lagi di dunia bisnis. Sistem ini dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik Kreditur maupun Debitur. Walapun menguntungkan, hutang dan piutang yang tidak terdata dalam sebuah usaha dapat menyebabkan kondisi keuangan kacau. Tetapi, bila menggunakan Erzap ERP, Anda tidak perlu khawatir akan masalah ini. Itu dikarenakan sistem Erzap ERP dapat melakukan pencatatan hutang dan piutang secara detail. Jadi pada sistem Erzap ERP, anda dapat menyusun secara terstruktur, menulusuri histori, dan menganalisa data hutang dan piutang dalam bisnis yang anda kelola.