Tutorial Ringkas Penulisan Nama Produk Pada Nota Penjualan

06-05-2023 12:52:55, Dibaca: 1196

Tutorial Ringkas Penulisan Nama Produk Pada Nota Penjualan

Nama produk memiliki beragam fungsi penting dalam bisnis. Fungsi utama dari nama produk dari sisi pelaku bisnis adalah untuk mempermudah pencarian data produk dalam sistem inventori. Penulisan nama produk secara detail seperti nama, warna, ukuran serta keterangan lain seperti kode khusus akan sangat membantu manajemen dalam melakukan pencarian dan mendapatkan data secara cepat.

Namun sering kali pelanggan atau pembeli tidak memerlukan penulisan nama yang detail pada nota pembelian. Penulisan nama produk secara detail dan panjang justru dianggap menjadi pemborosan saat mencetak nota pembelian. Hal ini tentu menjadi detail yang perlu diperhatikan bagi pelaku usaha seperti bisnis retail.

Melihat kebutuhan pelaku bisnis ini, Erzap menyediakan fitur khusus untuk membedakan nama produk pada sistem inventori dan nota penjualan. Fitur ini akan membantu para pelaku bisnis yang ingin menampilkan nama produk yang singkat pada nota penjualan tanpa harus kehilangan detail pada sisi sistem inventori. Adapun tutorialnya adalah sebagai berikut:


Ubah Nama Produk pada Nota Penjualan

Untuk mengubah nama produk pada nota penjualan, anda dapat mengakses menu Data Master, lalu pilih Produk, dan klik Manajemen Data.

Kemudian klik Edit pada produk yang ingin diubah nama produknya pada nota penjualan.

Note.
Produk yang digunakan sebagai contoh adalah produk yang sudah terdaftar pada sistem Inventori Erzap.

Anda akan masuk ke menu Perubahan Data Produk, dan dapat diperhatikan di gambar dibawah ini untuk mengubah Nama Produk tertera di kolom "Nama yang tercetak pada Nota Penjualan" dan klik Ubah untuk mengubah nama produk tersebut.

Lalu akan muncul kolom untuk mengubah nama produk tersebut, ketika sudah mengubah nama produk tersebut klik Simpan untuk menyimpan perubahan data produk tersebut.

 

Hasil

Berikut adalah hasil dari Nota Penjualan sebelum dan sesudah diubah nama produknya.

 

Dapat diperhatikan pada gambar pertama, nama produk masih terlihat panjang dan mengandung informasi yang tidak diperlukan oleh pembeli. Lalu pada gambar berikutnya, nama produk sudah menjadi lebih pendek dan efisien. Serta kertas yang digunakan untuk mencetak nota tersebut lebih sedikit/pendek sehingga lebih menghemat penggunaan kertas nota.


Sekian artikel untuk Tutorial Ubah Nama Produk pada Nota Penjualan, Selamat mencoba! Gunakan fitur ini untuk memaksimalkan Efisiensi dan Efektifitas Bisnis anda!

Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Upload / Export Data Produk ke ERZ4P

11-10-2017 - Dibaca: 5282 kali.
Dengan mengupload data pada ERZ4P user akan dapat lebih mudah dalam mengedit data dengan jumlah banyak sekaligus secara mudah karena menggunakan aplikasi Microsoft Excel,
Baca selengkapnya...

Pembayaran Hutang & Piutang menggunakan Cek/Giro Mundur

03-04-2019 - Dibaca: 26832 kali.
Tutorial berikut menjelaskan cara membayar hutang & piutang menggunakan Cek/Giro mundur
Baca selengkapnya...

Intip 5 Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan agar Bisnis Anda tetap Jaya!

08-02-2022 - Dibaca: 2597 kali.
Ingin pelanggan Anda loyal pada bisnis Anda? Ketahui tips-tips berikut ini!
Baca selengkapnya...

Membangun Salon Kecil-Kecilan

13-01-2018 - Dibaca: 3845 kali.
Bisnis kecantikan memang lagi naik daun. Secara fisik maupun online memang banyak para pelaku usaha yang menggeser mata pencahariannya ke bentuk usaha jasa yang satu ini.
Baca selengkapnya...

MENGGUNAKAN MENU PRODUKSI

06-07-2017 - Dibaca: 8633 kali.
MENGGUNAKAN MENU PRODUKSI
Baca selengkapnya...

Tutorial Ringkas Penulisan Nama Produk Pada Nota Penjualan - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

nama produk, produk, nota penjualan, penjualan, struk penjualan, penulisan nama produk, fungsi nama produk, persingkat nama produk, nama produk pada toko retail

Nama produk memiliki beragam fungsi penting dalam bisnis. Fungsi utama dari nama produk dari sisi pelaku bisnis adalah untuk mempermudah pencarian data produk dalam sistem inventori. Penulisan nama produk secara detail seperti nama, warna, ukuran serta keterangan lain seperti kode khusus akan sangat membantu manajemen dalam melakukan pencarian dan mendapatkan data secara cepat. Namun sering kali pelanggan atau pembeli tidak memerlukan penulisan nama yang detail pada nota pembelian.